Transmigrasi : Pengertian, Tujuan, Dan Macam-Macam Beserta Contohnya Secara Lengkap

bitar

Transmigrasi : Pengertian, Tujuan, Dan Macam-Macam Beserta Contohnya Secara Lengkap – Tahukah anda apa yang dimaksud dengan transmigasi ?? Jika anda belum mengetahuinya anda tepat sekali mengunjungi gurupendidikan.com . Karena disini akan mengulas tentang pengertian transmigasi, tujuan transmigasi, dan macam-macam transmigasi beserta contohnya secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

transmigrasi

Pengertian Transmigrasi

Transmigrasi merupakan perpindahan penduduk dari suatu wilayah yang padat penduduknya ke area wilayah pulau lain yang penduduknya masih sedikit atau belum ada penduduknya sama sekali.

Transmigrasi di Indonesia biasanya diatur dan didanai oleh pemerintah kepada warga yang umumnya golongan menengah ke bawah. Sesampainya di tempat transmigrasi para transmigran akan diberikan sebidang tanah, rumah sederhana dan perangkat lain untuk penunjang hidup di lokasi tempat tinggal yang baru.


Tujuan Transmigasi

  • Membuka daerah dari yang padat ke yang kurang penduduknya dan meningkatkan suatu potensi ekonomi daerah itu ;
  • Bertujuan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian dengan cara memperluas lahan pertanian ;
  • Secara sosial budaya untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa
  • Bertujua untuk Memeratakan persebaran penduduk.
  • Bertujuan untuk Memperkuat pertahanan dan keamanan nasional.
  • Bertujuan untuk Meningkatkan taraf hidup rakyat

Macam-Macam Transmigrasi

  • Transmigrasi umum yakni jenis transmigrasi yang dilaksanakan dan dibiayai oleh pemerintah.
  • Transmigrasi khusus yakni jenis transmigrasi yang dilaksanakan oleh pemerintah yang bersifat khusus dengan tujuan tertentu. Contohnya, transmigrasi yang dilakukan pada penduduk yang terkena bencana alam.
  • Transmigrasi spontan atau swakarya yakni jenis transmigrasi yang dilakukan oleh penduduk atas kemauan dan biaya sendiri dengan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah yang berupa lahan garapan seluas dua hektar dan lain-lain.
  • Transmigrasi swakarya yakni jenis transmigrasi yang sebagian biayanya ditanggung oleh pemerintah, sedangkan untuk pembukaan lahan ditanggung oleh transmigran.
  • Transmigrasi lokal yakni jenis transmigrasi yang terjadi dari satu daerah ke daerah lainnya di dalam satu provinsi.
  • Transmigrasi bedol desa yakni jenis transmigrasi perpindahan penduduk yang meliputi seluruh penduduk desa beserta kepala desa dan perangkat-perangkatnya ke daerah lain.
  • Transmigrasi sektoral yakni jenis transmigrasi perpindahan penduduk yang biayanya ditanggung bersama oleh pemerintah daerah tujuan transmigrasi

Contoh transmigrasi bedol desa

transmigrasi bedol desa Waduk Gajah Mungkur pada tahun 1970 dengan memindahkan warga dari 7 kecamatan ke wilayah Sitiung Sumatera Barat. Waduk ini terletak 3 km dari kabupaten wonogiri Jawa tengah dan membendung sungai bengawan Solo.

Itulah ulasan tentang Transmigrasi : Pengertian, Tujuan, Dan Macam-Macam Beserta Contohnya Secara Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :

 

Most popular articles related to Transmigrasi : Pengertian, Tujuan, Dan Macam-Macam Beserta Contohnya Secara Lengkap
Shares