Tips Ampuh Menjaga Organ Ekskresi Agar Tetap Sehat

Posted on

GuruPendidikan.Com – Pada organ manusia membentuk suatu system yang biasa disebut dengan system organ. Pada masing-masing organ tubuh saling bekerja dengan secara sinergis dengan melibatkan sebuah otak dan sumsusm tulang belakang sebagai untuk pengendalinya.

Begitu juga dengan organ ekskresi tubuh pada manusia, yang masing-masing organ bekerja satu sama dengan yang lainnya yang membentuk system koordinasi, apabila salah satu dari system organ tersebut terganggu maka organ yang lain juga beresiko ikut terganggu juga.

organ ekskresi

Tips Ampuh Menjaga Organ Ekskresi Agar Tetap Sehat

Oleh dari itu betapa pentingnya setiap orang untuk menjaga kesehatan organ ekskresi pada tubuh, hal ini juga dapat menghindari biaya untuk mengobati organ yang mengalami gangguan. Beberapa organ ekskresi tubuh yang sangat vital dan sangat perlu selalu dipelihara kesehatannya dengan baik antara lain :

  • Ginjal
  • Liver
  • Paru-paru
  • Dan kulit

Berikut ini penjelasan masing-masing organ ekskresi dan cara menjaganya.

Ginjal

Pada organ ini berfungsi untuk menyaring darah , menjaga kesehatan ginjal merupakan hal yang sangat penting yang perlu dilakukan. Terkadang kita tidak sadari makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap harinya mengandung zat-zat berbahaya yang dapat tidak dapat dicerna atau dinetralisir oleh organ ginjal ini. Penumpukan zat yang berbahaya diginjal akan menyebabkan penyakit tertentu, untuk menghindarinya kita harus tetap menjaga organ tersebut.

Cara menjaga kesehatan ginjal

  • Dengan mengatur pola makan
    Cara yang demikian merupakan tips ampuh menjaga dan merawat kesehatan organ ginjal anda. Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang ditanam dengan tanpa pupuk kimia ( organik ) serta jauhilah makanan olahan, mengurangi konsumsi garam berlebihan, serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak.
  • Aktif Bergerak
    Ginjal bias dijaga dengan cara sangat gampang, yakni dengan beraktivitas fisik anda harus aktif selalu bergerak dan jangan bermalas-malasan karena kesehatan anda bias terjaga hanya dengan terbiasa menggerakkan badan.
  • Dengan selalu menjaga berat badan
    Dengan perut yang bergelambir akibat penumpukan lemak hal ini pastinya menurunkan rasa percaya diri anda bila sedang bercengkram dengan teman anda. Selain itu juga dapat mempengaruhi keadaan emosional anda berat badan yang berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan karena organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak tersebut termasuk ginjal yang lama kelamaan akan membuatnya menjadi lemah kinerjanya.
  • Dengan cara menjauhi minum Alkohol dan Hindari Rokok
    Pada kandungan rokok yang anda hisap sehari-hari hal ini bias merusak organ paru-paru dan juga ginjal. Selain itu rokok maupun alkohol juga menjadi penyebab utama tubuh anda dapat terserang berbagai penyakit yang mengerikan salah satunya organ ginjal.
  • kontrol tekanan darah
    penyakit organ ginjal ini dapat dipicu juga dari tekanan darh yang tinggi, selama lima tahun terakhir di peroleh data dari IRR yang membeberkan bahwasanya sebanyak dari 35% penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah tinggi.
  • Selalu teratur dengan minum air putih
    Minumlah air putih setiap harinya 6-8 gelas, hal ini sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan organ ginjal anda.
  • Dengan menghindari stress
    Kondisi stress yang menyerang anda membuat tekanan darh menjadi naik dan seperti yang sebelumnya dijelaskan, bila tekanan darah tinggi maka resiko anda terserang penyakit ginjal pun menjadi lebih besar.
  • Dengan rajin berolahraga
    Dengan sering berolahraga merupakan tips paling mudah untuk menjaga kesehatan ginjal anda dalam hal ini bias dilakukan seperti jalan kaki atau dengan cara berlari setiap pagi.
  • Menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri
    Diusahakan agar tidak mengkonsumsi atau bahkan menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri ini karenakan dapat merusak ginjal atau konsultasikan tentang penggunaan obat tersebut kepada dokter spesialis terlebih dahulu.

Hati ( Liver )

Pada organ hati ( liver ) ini dapat menghancurkan atau dapat menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mencegah terjadi sesuatu terhadap organ ini sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan yang sangat berbahaya diantaranya MSG, Aspartam, dan lain sebagainya.

Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan juga bisa merusak organ hati ini, agar tetap terjaga dan organ hati tetap kuat harus tetap menjaganya.

Cara menjaga kesehatan Hati ( Liver )

  • Konsumsi sayuran
    Ada beberapa sayuran yang tepat untuk menjaga kesehatn hati seperti bawang dan brokoli ialah merupakan sayuran yangh sama-sama menyimpan belerang dalam porsi yang lebih dibutuhkan oleh tubuh untuk mendorong kemampuan hati dalam mendetoksifikasi racun.
  • Dengan meminum air lemon
    Untuk membantu proses detoksifasi hati, buat minuman yang berasal dari air putih dengan campuran air perasan buah lemon, pada lemon ini memiliki kandungan asam sitrat yang membantu kinerja empedu dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Cara ialah mencampurkan air perasan lemon tersebut kedalam air putih lalu diminum dengan secara rutin tiap hari.
  • Pijat
    Memang bila dipijat sangat nikmat akibat lelah kinerja atau beraktivitas seharian, sama seperti hati diarea dekat hati dan kantung empedu berguna untuk membatu proses perairan atau sirkulasi darah ke hati dan fungsi hati akan lebih optimal dalam bekerja.
  • Suplemen untuk hati harus rutin dikonsumsi
    Penuhi mineral untuk membantu hati dalam mendetoksifikasi racun dalam tubuh seperti magnesium, besi, kalsium, seng, kalium, selenium, sodium dan tembaga.
  • Berhenti mengkonsumsi alkohol
    Alkohol yang bila dikonsumsi akan berubah senyawa menjadi partikel racun lebih banyak sehingga organ hati akan bekerja untuk menyaring dan mengeluarkan racun dari tubuh lebih keras bila dibiarkan maka pada fungsi hati akan melemah, oleh sebab itu dibatasi atau dengan berhenti itu lebih baik.

Untuk menjaga kesehatan hati konsumsi makan seperti :

  • Buah anggur
    Pada buah anggur jarang dijadikan sebagai jus pada buah ini mampu menghalau karsinogen dan racun dengan membantu fungsi hati untuk melakukan proses kimiawi.
  • Bawang putih
    Enzim dalam hati dapat aktif dengan bawang putih sehingga membuat hati lebih efisien dalam proses penyaringan racun.
  • Teh hijau
    Pada teh hijau ini dapat mampu meningkatkan fungsi hati dengan bantuan zat katekin yang dikandung.

Paru-paru

Hal yang dapat merusak paru-paru ialah asap rokok, oleh sebab itu untuk menjaga kesehatan organ paru-paru ada baiknya agar hindari kebiasaan merokok atau bahkan hidarin asap rokoknya.

Cara menjaga kesehatan paru-paru

  • Berhenti merokok
    Kebanyakan pakar kesehatan penyakit dalam agar menganjurkan kepada setiap perokok untuk berhenti merokok, karena pada rokok memiliki kandungan bahan kimia yang santa berbahaya seperti nikotin, tar, sianida, benzene atau bensol, cadmium, methanol, asetilena, amonia, fomaldehida, hydrogen sianida, arsenik dan karbon monoksida.
  • Dengan menjaga kebersihan udara
    Bila udara yang bersih akan mengurangi resiko paru-paru terkontaminasi benda asing Dari luar yang dapat merusaknya, untuk menciptakan kebersihan udara dapat kita siasati dengan cara yakni dengan menggunakan masker atau penyaring udara saat keluar adan hentikan membakar sampah atau kayu disekitar rumah.
  • Dengan berolahraga rutin
    Semakin baik kebugarab tubuh seseorang maka akan memudahkan paru-paru untuk menjaga jantung dan otot yang mensuplai oksigen.
  • Tingkatkan kualitas udara dalam ruangan
    Udara dalam ruangan juga dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru, untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dapat anda lakukan dengan cara membersihkan setiap benda yang ada, seperti karpet , hordeng, dll. Selain itu juga bila menggunakan lilin yang berlebihan dan penggunaan pewangi ruangan yang mengandung bahan kimia yang berbahaya juga dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru anda, oleh karena itu pandailah dalam memilih penyegar ruangan jangan lupa untuk memberikan ventilasi untuk pertukaran udara masuk kedalam ruangan.
  • Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi
    Sudah terbukti bahwa makanan yang memiliki kandungan anti oksidan merupakan sumber yang baik untuk organ paru-paru. Antioksidan bias didapat dari sayuran dan buah. Tetapi sebaiknya anda mengkonsumsi sayuran yang berdaun hijau, karena sayuran yang berdaun hijau memiliki banyak sekali antioksidan dan memiliki perlindungan.

Kulit

Organ kulit yang berfungsi sebagai ekskresi air dan garam sebagai hasil proses metabolisme, zat cair tersebut dikeluarkan bersama keringat, menjaga kesehatan kulit bertujuan untuk mencegah timbulnya kelainan pada kulit seperti panu, eksim, kurap, biang keringat dan lain sebagainya.

Cara menjaga kesehatan kulit

  • Konsumsi buah dan sayuran segar
    Pada buah dan sayuran segar memiliki peranan khusus dalam menyehatkan kulit untuk membuat kulit yang sehat anda dapat mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar yang dapat anda temui dengan mudah misalnya buah-buahan segar yang dapat membuat kulit anda menjadi sehat ialah seperti buah jeruk pada buah ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin C yang dapat menjadi anti engine pada kulit sehingga kulit akan menjadi awet muda dan tampak segar selalu dan sayuran hijau yang dapat dikonsumsi ialah seperti bayam sawi dan masih banyak lagi lainnya.
  • Air putih
    Dengan meminum air putih membuat kulit menjadi sehat, jika ingin menjaga kesehatan kulit maka harus mengkonsumsi air putih yang cukup, para ahli kesehatan menyarakan mengkonsumsi air putih minimal 1.5 liter perharinya. Hal ini dianjurkan Karena tubuh manusia yang terdiri dari banyak kandungan air, bila sesorang kekurangan air maka mereka akan mengalami dehidrasi dan kulit mereka menjadi kering dan kusam.
  • Istirahat
    Bila anda ingin menjaga kesehatan kulit anda, maka anda harus memeprhatikan waktu istirahat anda sehingga dengan beristirahat kulit anda akan menjadi sehat dan tidak kering. Untuk beristrahat gunakanlah waktu 8 jam anda untuk beristrahat selama satu hari dengan begitu anda telah membiarkan kulit anda beristrahat juga.
  • Hindari polusi
    Polusi dapat membuat kulit menjadi kusam dan kering, akibat yang ditimbulkan dari sinar UV tersebut seseorang dapat terkena kanker kulit, maka anda harus benar-benar menjaga kulit anda dari sinar matahari, jangan pernah biarkan sinar matahri mengenai kulit anda dalam jangka waktu yang lama karena hal tersebut tentu saja dapat merusak kesehatan kulit anda.

Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya bagi kita, ini dapat kita rasakan diwaktu kondisi sakit. Sebab jika kita sakit akan menghabiskan waktu dan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itulah kita hrus tetap menjaga kesehatan tubuh kita. 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Ampuh Menjaga Organ Ekskresi Agar Tetap Sehat ini semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda, sekian dan terima kasih. 🙂

Baca juga artikel lainnya :