“Surat Edaran” Pengertian & ( Contoh – Fungsi – Macam – Bagian )

Posted on

“Surat Edaran” Pengertian & ( Contoh – Fungsi – Macam – Bagian )

GuruPendidikan.Com – Apa kalian pernah melihat atau membaca surat edaran?? Mungkin kalian sudah sering melihat dan membacanya, nah untuk kali ini kami akan mengulas mengenai surat edaran yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, fungsi, macam dan bagiannya, untuk lebih jelasnya simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Surat Edaran

Apa itu surat edaran?? Surat edarab merupakan surat yang isinya menyangkut pemberitahuan secara resmi didalam instansi, lembaga atau organisasi. Atau definisi surat edaran yakni suatu surat pemberitahuan resmi yang diedarkan secara tertulis dan ditujukan untuk berbagai pihak.

Surat ini berisikan penjelasan mengenai suatu hal, misalnya seperti kebijakan baru dari pimpinan instansi, berisikan suatu peraturan dan lain-lain. Biasanya surat ini ditujukan untuk kalangan umum, akan tetapi didalam ruang lingkup tertentu.

Contoh surat edaran yang sering ditemui misalnya surat dari kepala sekolah untuk para guru, kepala sekolah kepada siswa, dari rektor untuk para dosen, surat direktur untuk para pegawai dan lain-lain. Surat edaran termasuk kedalam surat resmi karena memakai bahasa resmi, singkat, jelas, padat dan mencerminkan ciri dari organisasi yang membuatnya.

Fungsi Surat Edaran

Salah satu fungsinya yaitu untuk menyampaikan informasi atau pengumuman kepada orang banyak yang sifatnya tidak rahasia.

Macam Atau Jenis-Jenis Surat Edaran

Adapun jenis-jenis dari surat edaran diantaranya ada 2 “dua” macam yaitu surat edaran yang terbatas dan surat edaran yang tidak terbatas, berikut di bawah ini penjelasannya:

  • Surat edaran terbatas yaitu surat yang biasanya ditujukan dari satu organisasi atau instansi kepada para anggotanya saja, misalnya seperti surat edaran dari koperasi kepada para anggotanya, surat dari ketua osis untuk anggota osis, dan lain-lain.
  • Surat edaran tidak terbatas yaitu surat yang ditujukan kepada masyarakat luas.

Bagian-Bagian Surat Edaran

Adapun bagian-bagian dari surat edaran yang diantaranya seperti dibawah ini:

Kepala Surat

Pada bagian ini terdapat kop surat terdiri dari logo, nama dan alamat organisasi, instansi atau lembaga. Kop surat biasanya di gunakan untuk menunjukan surat formal dan non-formal.

Lalu pada bagian ini juga biasanya kata “surat edaran” ditulis dengan huruf kapitas dan ditulis menggunakan garis bawah. Lalu di bagian kiri bawah ditulis nomer surat, sifat surat “misalnya penting”, perihal dan alamat yang dituju akan tetapi ada juga yang nomer suratnya ditulis pada bagian bawah kata “surat edaran”. Dan pada bagian kanan ditulis tanggal, bulan dan tahun kapan surat tersebut dibuat. Kadang-kadang cara penulisan pada bagian ini suka berbeda-beda tergantung kepada si pembuat surat.

Isi Surat

Bagian Isi merupakan pengumuman atau informasi apa yang ingin disampaikan kepada umum, dengan urutan pendahuluan, isi pokok surat dan penutup.

Kaki Surat

Dan pada bagian akhir ini berisikan nama jabatan, tandatangan pengirim surat, nama lengkap, nip, stempel “organisasi, instansi ataupun lembaga” dan tembusan “jika memang ada”.

Demikianlah pembahasan mengenai “Surat Edaran” Pengertian & ( Contoh – Fungsi – Macam – Bagian ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Baca Juga: