“Sublimasi” Pengertian Dalam Ilmu Kimia & ( Tujuan – Contoh )

samhis setiawan

“Sublimasi” Pengertian Dalam Ilmu Kimia & ( Tujuan – Contoh )

GuruPendidikan.Com – Untuk hal ini apa yang dimaksud dengan sublimasi..??? Sublimasi ialah istilah dalam kimia yang berhubungan dengan perubahan zat.

"Sublimasi" Pengertian Dalam Ilmu Kimia & ( Tujuan - Contoh )

Yang selain itu, istilah sublimasi juga digunakan untuk menyebut salah satu metode pemisahan campuran kimia. Dalam hal perubahan zat.

Sublimasi ialah perubahan wujud zat dari padat ke gas atau dari gas ke padat. Yang apabila partikel penyusun suatu zat padat diberikan kenaikan suhu sebesar tertentu.

Maka partikel tersebut akan menyublin menjadi gas. Dan sebaliknya, apabila suhu gas tersebut diturunkan, maka gas akan segera berubah wujudnya menjadi padat kembali.

Dalam proses dalam pemisahan campuran ini secara sublimasi ialah dengan cara memanaskan zat padat yang terlarut pada zat padat yang sehingga zat padat yang ingin kita ambil akan berubah menjadi gas. Gas yang dihasilkan pun akan ditampung, yang kemudian didinginkan kembali.

Untuk syarat pemisahan campuran dengan menggunakan cara sublimasi ialah partikel yang bercampur harus memiliki perbedaan titik didih yang besar sehingga kita dapat untuk menghasilkan uap dengan tingkat yang kemurniannya pun tinggi.

Yang kemudian dibandingkan, apakah massa naftalena yang tersublimasi massanya sama dengan produk sublimasi yang dihasilkan. Kemudian dapat dianalisis apakah semua zat yuang menguap tersebut, uapnya dapat menyublin keseluruhan menjadi kristal-kristal kembali.

Tujuan Sublimasi

Adapun untuk tujuan sublimasi sendiri yakni:

  • Untuk mendapatkan zat yang murni atau beberapa zat murni dari suatu campuran yang disebut sebagai pemurnian.
  • Untuk mengetahui keberadaan zat dalam suatu sampel “analisa labolatorium”.

Contoh Sublimasi

Dalam hal ini contoh sublimasi yang paling mudah kita lihat ialah pada proses pembuatan kabur barus. Campuran kapur barus dan arang dipanaskan sehingga kapur barus yang dapat menyublin akan menjadi menguap. Setelah itu zat tersebut didinginkan sehingga menjadi padat kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai “Sublimasi” Pengertian Dalam Ilmu Kimia & ( Tujuan – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Most popular articles related to “Sublimasi” Pengertian Dalam Ilmu Kimia & ( Tujuan – Contoh )
Shares