Struktur Morfologi Pada Akar Tumbuhan Dalam Biologi

Posted on

GuruPendidikan.Com – Akar ialah bagian pokok dari pada tumbuhan yang letaknya disamping batang dan daun yang dapat tumbuh menuju inti bumi kormus. Akar ini mempunyai banyak fungsi dan peranan dalam mendukung metabolisme tumbuhan.

Sifat Akar Pada Tumbuhan

  • Merupakan bagian tumbuhan yang biasanya terdapat di dalam tanah, dengan arah tumbuh ke pusat bumi “Geotrop” atau yang menuju ke air “Hidrotrop”, serta meninggalkan udara dan cahaya.
  • Tidak berbuku-buku, juga tidak beruas dan tidak mendukung daun-daun atau sisik-sisik maupun bagian-bagian lainnya.
  • Pada warnanya tidak hijau, tetapi biasanya keputih-putihan atau kekuning-kuningan.
  • Tumbuh terus pada ujungnya, tetapi umumnya pertumbuhannya masih kalah pesat jika dibandingkan dengan bagian permukaan tanah.
  • Dan pada bentuk ujungnya seringkali meruncing, sampai lebih mudah untuk dapat menembus tanah.

Fungsi Akar Pada Tumbuhan

  • Untuk menyokong dan memperkokoh berdirinya tumbuhan di tempat hidupnya.
  • Untuk menyerap air dan garam-garam mineral “Zat-zat hara” dari dalam tanah.
  • Mengangkut air dan zat-zat makanan yang sudah diserap ke tempat-tempat pada tubuh tumbuhan yang memerlukan santo.
  • Pada beberapa macam tumbuhan ada yang berfungsi sebagai alat respirasi misalnya tumbuhan bakau.
  • Pada beberapa jenis tumbuhan, ada yang berguna sebagai tempat menyimpan cadangan makanan atau sebagai alat reproduksi vegetatif. Misalnya wortel yang memiliki akar tunggang yang membesar, yang berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan. Sementara itu, pada tumbuhan sukun dari bagian akar dapat tumbuh tunas yang akan dapat tumbuh menjadi individu baru.

Struktur Morfologi Pada Akar Tumbuhan

leher/pangkal akar “Collum”

Yang merupakan bagian yuang menghubungkan antara akar dengan batang tumbuhan.

Batang Akar “Corpus Radicis”

Yang meliputi bagian antara leher akar dan ujung akar.

Cabang Akar “Radix Lateralis”

Yang merupakan bagian yang tidak langsung bersambung dengan pangkal akar, namun keluar dari akar pokok dan dapat membentuk percabangan akar lagi.

Rambut Akar/Bulu Akar “Pilus Radicalis”

Yang merupakan rambut-rambut halus yang bercabang-cabang yang tumbuh dari sel-sel epidermis yang tumbuh dekat ujung akar, yang berfungsi untuk memperluas daerah penyerapan air dan hara mineral. Dapat dikatakan bahwa rambut akar.bulu akar ialah bagian yang tumbuh akibat penonjolan sel-sel kulit akar yang panjang yang bentuknya seperti rambut atau bulu.

Ujung Akar “Apex radicis”

Yang merupakan bagian paling bawah dari morfologi akar tumbuhan yang dilindungi oleh tudung akar “kaliptra”. Bagian ini merupakan bagian akar yang paling muda yang terdiri atas jaringan-jaringan yang masih aktif mengalami pertumbuhan.

Tudung Akar “Kaliptra”

Yang merupakan bagian paling ujung dari akar yang berfungsi untuk melindungi akar terhadao kerusakan pada saat menembus partikel tanah. Bagian khusus yang terdapat di tudung akar ini ialah kaliptra yang tersusun dari sel-sel parenkim yang kadangkala mengandung pati.

Kaliptra berfungsi sebagai pelindung meristem dan melumasi akar yang sehingga gesekan antara ujunga akar dan tanah yang berkurang pada saat akar menembus pori-pori tanah. Umumnya pada banyak tumbuhan, kaliptra membentuk struktur khusus yang disebut dengan kolumela.

Struktur Morfologi Pada Akar Tumbuhan

Demikianlah pembahasan mengenai Struktur Morfologi Pada Akar Tumbuhan Dalam Biologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: