“Singkatan & Akronim” Pengertian & ( Contoh – Perbedaan )

Posted on

“Singkatan & Akronim” Pengertian & ( Contoh – Perbedaan )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai singkatan & akronim yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, contoh dan perbedaan, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasannya dibawah ini.

Huruf merupakan suatu kumpulan huruf berdasarkan urutan yang umum atau baku. Ada berbagai macam huruf/abjad seperti: abjad yunani, abjad romawi, abjad arab, abjad jawa, abjad latin, abjad cina dan abjad lainnya.

Singkatan

Singkatan merupakan bentuk yang dipendekkan yang terdiri atas satu huruf atau lebih, macam-macam singkatan sebagai berikut:

  • Singkatan nama orang, nama gelar, sapaan, jabatan atau pangkat diikuti tanda titik. Contoh: W.R. Supratman, Dr.
  • Singkatan nama resmi lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, badan dan organisasi serta nama dokumen resmi yang terdiri atas huruf awal kata ditulis dengan huruf kapital dan tidak diikuti tanda titik. Contoh: DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).
  • Singkatan umum yang terdiri dari tiga huruf atau lebih diikuti satu tanda titik. Contoh: dll. (dan lain-lain), Yth. (Yang terhormat).
  • Singkatan Lambang Kimia, singkatan satuan ukuran, takaran, timbangan dan mata uang tidak diikuti tanda titik. Contoh: Cm (sentimeter), kg (kilogram).

Akronim

Akronim merupakan singkatan yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata dari kata ditulis dengan huruf awal kapital. Macam-macam akronim sebagai berikut:

  • Akronim nama diri yang berupa gabungan huruf awal dari kata ditulis seluruhnya dengan huruf kapital. Contoh: ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia), SIM (Surat Izin Mengemudi).
  • Akronim nama diri yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata dari deret kata ditulis dengan huruf awal kapital. Contoh: Akabri (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia), Kowani (Kongres Wanita Indonesia).
  • Akronim yang bukan nama diri yang berupa gabungan huruf, suku kata, ataupun gabungan huruf dan suku kata dari deret kata seluruhnya ditulis dengan huruf kecil. Contoh: pemilu (pemilihan umum), rudal (peluru kendali).

Perbedaan Singkatan Dan Akronim

Berdasarkan ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa singkatan dan akronim memiliki perbedaan. Adapun beberapa perbedaan tersebut di antaranya ialah:

  • Penulisan singkatan diikuti titik kecuali yang cetak kapital dan lambang kimia sedangkan akronim tidak diikuti titik.
  • Akronim merupakan gabungan huruf kata yang dibaca layaknya kata pada umumnya sedangkan singkatan dibaca huruf demi huruf.

Demikianlah penbahasan mengenai “Singkatan & Akronim” Pengertian & ( Contoh – Perbedaan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.  🙂 🙂 🙂

Baca Juga: