Sejarah perkembangan sosiologi
Sejarah perkembangan sosiologi

Sejarah Perkembangan Sosiologi Dari Abad Ke Abad Lengkap

Posted on

Sejarah Perkembangan Sosiologi

Sejarah Perkembangan Sosiologi Dari Abad Ke Abad Lengkap– Pengembangan ilmu pengetahuan di Pencerahan (abad ke-17), juga mempengaruhi prospek perubahan dalam masyarakat, karakteristik ilmiah mulai muncul di abad ini. Para ahli pada saat itu ditemukan pandangan mereka tentang perubahan masyarakat harus dipandu oleh akal manusia.

Perkembangan pada Abad Pencerahan

Banyak ilmuwan besar di zaman kuno, seperti Socrates, Plato dan Aristoteles berpikir bahwa manusia terbentuk begitu saja. Dan tidak ada yang bisa mencegah pertumbuhan dan penurunan masyarakat.

Pendapat itu kemudian dikonfirmasi lagi oleh pemikir abad pertengahan, seperti Agustinus, Avicenna, dan Thomas Aquinas. Mereka berpendapat bahwa sebagai makhluk hidup yang fana, manusia tidak bisa mengetahui, apalagi menentukan apa yang akan terjadi dengan masyarakat. Pertanyaan dan perubahan akuntabilitas dalam komunitas ilmiah belum terjadi selama periode ini.

Pengaruh Perubahan yang terjadi pada Abad Pencerahan

Perubahan besar dalam Pencerahan, terus mengembangkan sapanjang revolusioner abad ke-18 Masehi Dengan struktur yang berubah dengan cepat dari masyarakat lama dengan struktur yang lebih baru. Hal ini terbukti, terutama dalam revolusi Amerika, revolusi industri dan revolusi Perancis. Shock yang disebabkan oleh dampak dari revolusi ketiga ini di seluruh dunia. Para ilmuwan tertarik, mereka mulai menyadari pentingnya menganalisis perubahan dalam masyarakat.

Sejarah perkembangan sosiologi
Sejarah perkembangan sosiologi

Gejolak Abad Revolusi

Perubahan yang terjadi sebagai akibat dari revolusi benar-benar mencengangkan. Struktur masyarakat yang sudah berlaku ratusan tahun rusak. Bangsawan dan bersinar asli pendeta kekayaan dan kekuasaan, disamakan dengan hak-hak orang-orang biasa. Raja kekuatan penuh asli, sekarang dipimpin oleh hukum di set. Banyak kerajaan besar Eropa jatuh dan perpecahan.

Revolusi Perancis Berhasil Mengubah Struktur Masyarakat Feodal ke Masyarakat yang Bebas

Gejolak revolusi mulai membangkitkan para ilmuwan pada premis bahwa perubahan masyarakat harus dianalisa. Mereka telah menyakikan seberapa besar perubahan sosial telah membawa banyak korban perang, kemiskinan, pemberontakan dan kerusuhan. Bencana dapat dicegah jika saja orang telah mengantisipasi perubahan di awal.

Perubahan drastis yang terjadi selama pandangan abad revolusi bagaimana kebutuhan untuk memperkuat penjelasan rasional dari perubahan besar dalam masyarakat. Itu berarti:

  • Perubahan dalam masyarakat bukan merupakan nasib yang harus diterima begitu saja, tetapi diketahui penyebab dan konsekuensi.
  • Untuk menemukan metode ilmiah yang jelas bahwa alat untuk menjelaskan perubahan dalam masyarakat dengan bukti yang kuat dan masuk akal.
  • Dengan metode yang tepat ilmiah (penelitian berulang kali, penjelasan menyeluruh dan merumuskan teori berdasarkan bukti), perubahan masyarakat sudah dapat diantisipasi sebelumnya sehingga krisis sosial yang parah dapat dicegah.

Kelahiran Sosiologi Modern

Sosiologi modern tumbuh pesat di Amerika Serikat, terutama di Amerika Serikat dan Kanada. Mengapa tidak di Eropa? (yang notabene merupakan tempat sosiologi muncul untuk pertama kalinya).

Pada awal abad ke-20, gelombang besar imigran datang ke Amerika Utara. Gejala yang mengakibatkan pesatnya pertumbuhan penduduk, munculnya kota-kota industri baru, meningkatkan kejahatan dan lain-lain. Konsekuensi gejolak sosial, perubahan besar dalam masyarakat tidak dapat dihindari.

Perubahan dalam masyarakat yang menggiurkan para ilmuwan sosial untuk berpikir keras, untuk datang ke realisasi bahwa gaya lama pendekatan sosiologis Eropa tidak lagi relevan. Mereka mencoba untuk menemukan pendekatan baru yang sesuai dengan kondisi masyarakat pada saat itu. Maka lahirlah sosiologi modern.

Bertentangan dengan pendapat sebelumnya, pendekatan sosiologis modern yang cenderung mikro (lebih sering disebut pendekatan empiris). Artinya, perubahan masyarakat dapat dipelajari dari fakta sosial demi fakta sosial yang muncul. Berdasarkan fakta-fakta sosial dapat disimpulkan perubahan masyarakat secara keseluruhan. Menyadari pentingnya penelitian (riset) dalam sosiologi.

Dikutip dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Sosiologi

Demikian Penjelasan TentangĀ Sejarah Perkembangan Sosiologi Dari Abad Ke Abad Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com šŸ˜€