Sejarah Legenda Candi Prambanan
Sejarah Legenda Candi Prambanan

Sejarah Legenda Candi Prambanan Terlengkap

Posted on

Sejarah Legenda Candi Prambanan

Sejarah Legenda Candi Prambanan Terlengkap – Pada kesempatan ini GuruPendidikan.com akan membahas mengenai sejarah legenda candi prambanan , adanya legenda di balik pembangunan Candi Prambanan ini .Legenda Candi Prambanan adalah cerita yang berasal dari rakyat, Menurut dari Cerita-cerita rakyat tersebut konon ada seorang raja yang bernama Raja Boko, Raja Boko ini adalah raksasa yang tinggal pada sebuah desa, desa itu bernamakan ialah “desa prambanan”, Raja Boko ini memiliki seorang putri yang cantik yakni putri Roro Jongrang, Lalu datanglah seorang kesatri dari kerajaan Pengging yang bernama “Bandung Bondowoso”,

Sejarah Legenda Candi Prambanan
Sejarah Legenda Candi Prambanan

Bandung Bondowoso ini kemudian mengalahkan Raja Boko, didalam kemenangan Bandung Bondowoso ini, Bondowoso langsung melamar Putri cantik Raja Boko yakni Roro Jonggrang, Lamaran Bandung bondowoso pada roro jongrang ini diterima namun tetapi memiliki syarat yang harus dapat dipenuhi oleh Bandung Bondowoso , syarat yang diberikan oleh Roro Jongrang terhadap Bandung Bondowoso ini adalah untuk membangun Seribu candi Dalam waktu yang sangat singkat yaitu satu malam .Kemudian Bandung Bondowoso pun Menerima syarat Roro Jonggrang dengan membangun 1000 candi.

Didalam pembangunan 1000 candi Bandung Bondowoso tersebut kemudian memakai bantuan makhluk halus bisa mewujudkan keinginan Roro Jonggrang. Namun tetapi, pada saat candi tersebut hampir mendekati angka Seribu candi (1000 buah candi ), Roro Jonggrang kemudian membunyikan lesung dengan bantuan rakyat yang mendukungnya, Didalam membunyikan lesung tersebut, bertujuan ialah untuk menipu ayam untuk dapat berkokok.

Supaya Bandung Bondowoso agar mengira hari telah pagi serta Bondowoso pun akan terpaksa berhenti dalam membuat 1000 candi, padahal sudah 999 buah candi yang tercipta, tinggal 1 buah candi lagi untuk dapat menggenapkannya untuk menjadi seribu candi. Namun tetapi, Bandung Bondowoso tersebut tahu tahu jika Sang Putri Roro Jongrang sudah berbuat licik pada dirinya, kemudian Bandung Bondowoso pun langsung marah serta memberikan suatu kutukan kepada Roro Jongrang, kutukan tersebut ialah  “berubah menjadi batung untuk dapat menggenapkan candi yang dibuat oleh bandung bondowoso menjadi 1000 Buah Candi”.

Dalam sekejap saja Roro Jonggrang itu kemudian berubah menjadi patung. Didalam Cerita ini sesungguhnya tidaklah terjadi, melainkan Cerita tersebut hanya berupa legenda untuk rakyat yang berada disekitar Prambanan. Dan Sesungguhnya , Candi Prambanan tersebut tidak berjumlah 1000 buah seperti cerita diatas melainkan hanya berjumlah 250 buah Candi.

Patung Batari Durga Mahisa Suramardhani didalam Candi Siwa, oleh masyarakat yang berada disekitar dipercaya ialah sebagai penjelmaan Roro Jonggrang. Kalasan yang ditulis didalam bentuk puisi berbahasa Sansekerta serta juga huruf Pranagari, disebutkan ialah bahwa para rahib Buddha tersebut meminta izin kepada Raja Panangkaran untuk dapat mendirikan tempat suci ialah untuk Dewi Tara. Raja tersebut mengabulkannya serta juga menghadiahkan Desa Kalasan kepada para rahib. Dewi Tara sendiri ialah dewi kasih-sayang serta juga pelindung bagi umat Buddha.

Demikian Penjelasan tentang Sejarah Legenda Candi Prambanan Terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂