Sejarah Ham Di Indonesia
Sejarah Ham Di Indonesia

Sejarah Hak Asasi Manusia Di Indonesia Secara Singkat

Posted on

Hak Asasi Manusia Di Indonesia

Sejarah Hak Asasi Manusia Di Indonesia Secara Singkat– Hak Asasi Manusia adalah hak dari orang yang ada sejak ia masih dalam kandungan. HAM berlaku secara universal.

Pada tanggal 10 Desember setiap tahun diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia. Momentersebut diperingati oleh setiap manusia di dunia dengan harapan hak asasi manusia di tahun mendatang lebih baik dari tahun sebelumnya. Karena ada banyak kasus pelanggaran hak asasi manusia nasional dan internasional, baik ringan atau berat tidak ditangani secara optimal.

Deng sehingga gagasan hak asasi manusia (HAM) itu sendiri adalah hak dasar atau kewarganegaraan yang melekat pada individu sejak lahir oleh alam yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Kuasa yang tidak dapat disita dan dicabut keberadaa n dan harus dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Oleh karena itu, hak asasi manusia yang universal, yang berarti bahwa mereka berlaku di mana-mana, kepada siapa pun, dan tidak dapat mengambil siapa pun. Hak-hak individu untuk melindungi diri Dam martabat manusia yang diperlukan, serta dalam pengembangan seagai moral dasar bergaul dengan sesama manusia. Dikutip dari: http://dokumen.tips/

Sejarah Ham Di Indonesia
Sejarah Ham Di Indonesia

Sejarah Hak Asasi Manusia Di Indonesia

Sebelum dibahas lebih mendalam tentang ha manusia di Indonesia, pertama-tama kita membahas dan menentukan sejarah perembangan hak asasi manusia di dunia. Di mana semua orang ingin t ersebut benar ditegakkan. SM, filsafat Yunani Socrates (470-3 SM) dan Plato (428-322) mengajarkan pemerintah Hars dengan kekuatan kehendak dan keinginan warga.

Hak Asasi Manusia di Indonesia bersumber dan menyebabkan Pancasila. Yang berarti bahwa hak asasi manusia menerima jaminan yang kuat filosofi bangsa, Pancasila. Bermuara pada Pancasila dimaksudkan bahwa pelaksanaan hak asasi manusia harus memperhatikan garis yang telah ditentukan dalam ketentuan Pancasila.

Setiap hak akan dibatasi oleh hak orang lain. Jika dalam melaksanakan hak, kita tidak memperhatikan hak orang lain, maka ada konflik hak atau kepentingan dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Republik Indonesia mengakui dan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kebebasan manusia sebagai hak yang secara kodrati melekat dan tidak terpisahkan dari manusia yang harus dilindungi, dihormati dan ditegakkan dalam rangka meningkatkan kemanusisan martabat, kesejahteraan, kebahagiaan, dan kecerdasan serta keadilan. Dikutip dari: http://www.pengertiansejarah.com/

Hak Asasi Manusia atau HAM adalah hak-hak mereka yang telah diselenggarakan sejak ia masih dalam kandungan. HAM berlaku secara universal. Dasar-dasar hak asasi manusia yang terkandung dalam Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat (Declaration of Independence of USA) dan tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27, ayat 1, pasal 28, pasal 29, ayat 2, pasal 30, ayat 1 dan Pasal 31 ayat 1.

Demikian Penjelasan Tentang Sejarah Hak Asasi Manusia Di Indonesia Secara Singkat Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀