“Perusahaan Manufaktur” Pengertian & ( Karakteristik – Fungsi – Contoh )

Posted on

“Perusahaan Manufaktur” Pengertian & ( Karakteristik – Fungsi – Contoh )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai perusahaan manufaktur yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, karakteristik, fungsi dan contoh, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur merupakan suatu perusahaan yang aktivitasnya mengelola bahan mentah atau bahan baku sehingga menjadi barang jadi lalu menjualnya kepada konsumen. Umumnya kegiatan seperti ini sering disebut dengan proses produksi.

Perusahaan manufaktur dalam setiap pekerjaan atau kegiatan operasional yang dilakukannya tentu memiliki acuan dan standar dasar yang digunakan oleh para karyawan yang bekerja, biasanya acuan standar tersebut disebut dengan SOP “Standar Operasional Prosedur”.

Karakteristik Perusahaan Manufaktur

Adapun beberapa karakteristik yang dimiliki oleh perusahaan manufaktur diantaranya sebagai berikut:

Mengelola Bahan Mentah Atau Bahan Baku Menjadi Produk Jadi

Tentunya karakteristik yang utama dapat di lihat pada perusahaan manufaktur yakni dimana aktivitasnya mengolah bahan baku menjadi barang atau produk jadi dan siap di jual ke konsumen.

Konsumen Tidak Ikut Dalam Proses Produksi

Artinya konsumen hanya bisa menggunakan atau menikmati produk yang dihasilkan saja, tanpa ikut serta melakukan proses produksi.

Hasil Produksi Berwujud Atau Terlihat

Hasil dari proses produksi perusahaan manufaktur hasilnya dapat di lihat oleh mata atau produknya memiliki wujud, berbeda dengan perusahaan jasa yang dimana produknya tidak berwujud hanya bisa dirasakan.

Adanya Ketergantungan Konsumen Untuk Mencari Produk Lagi

Artinya jika konsumen merasa senang dan puas dengan produk yang digunakannya biasanya konsumen akan memiliki ketergantungan untuk menggunakan lagi produk tersebut. Maka perusahaan harus selalu menyediakan dan menjaga ketersediaan produknya di pasaran supaya tetap ada.

Fungsi Bisnis Industri Manufaktur

Adapun fungsi bisnis dari industri atau perusahaan manufaktur diantaranya sebagai berikut ini:

Fungsi Produksi

Yaitu fungsi proses pembuatan bahan baku sehingga menjadi barang jadi dan bisa dijual kepada konsumen. Biaya yang dikeluarkan misalnya seperti biaya gaji karyawan, biaya bahan baku, biaya perawatan mesin dan lain-lain yang berhubungan dengan proses produksi.

Menurut objek pengeluarannya biaya produksi dibagi menjadi tiga macam diantaranya biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Biaya overhead merupakan biaya yang digunakan untuk mengubah bahan baku hingga menjadi produk yang siap di jual. Sedangkan biaya bahan baku dan tenaga kerja langsung dapat dikatakan sebagai biaya utama, biaya yang di olah menjadi suatu produk.

Fungsi Pemasaran

Yaitu fungsi yang digunakan untuk mencapai tujuan dari proses produksi dan menjual hasilnya, tujuannya untuk mendapatkan keuntungan. Misalnya biaya untuk melakukan pemasaran seperti biaya promosi, biaya angkutan, biaya sewa gudang, biaya gaji karyawan saat karyawan melakukan promosi produk.

Fungsi Administrasi Dan Umum

Yaitu fungsi dari kegiatan manufaktur yang ada hubungannya dengan penentuan kebijakan, pengarahan dan juga pengawasan supaya kegiatan yang sedang berjalan lebih efektif dan efesien. Misalnya dalam kegiatan ini terdapat biaya seperti biaya akutansi, biaya personalia, biaya gaji karyawan dan lain-lain.

Fungsi Keuangan

Yaitu fungsi dari penyediaan berbagai macam dana yang diperlukan oleh perusahaan untuk melakukan proses produksi maupun untuk melakukan suatu pengembangan.

Contoh Perusahaan Atau Industri Manufaktur

Beberapa contoh industri manufaktur yang ada di Indonesia misalnya seperti industri:

Tekstil

Merupakan salah satu industri yang banyak beroperasi di Indonesia. Industri ini mengelola kapas menjadi benang dan benang menjadi kain, sehingga nantinya kain tersebut dapat diolah kembali menjadi pakaian dan lain-lain. Industri ini dapat menyerap banyak sekali tenaga kerja, maka tak jarang banyak sekali orang yang bekerja di Industri tekstil.

Garmen

Jika industri tekstil mengelola kapas sampai menjadi kain, maka industri garmen mengelola kain menjadi produk lain misalnya kain menjadi baju dan celana dan sebagainya.

Keperluan Rumah Tangga

Industri ini menghasilkan produk untuk keperluan rumah tangga dan tentunya banyak sekali jenisnya. Hasilnya industri keperluan rumah tangga seperti panci, sendok, garpu, piring, pasta gigi dan lain-lain. Ada juga industri mebel atau keperluan interior untuk rumah produknya seperti lemari, meja, kursi dan lain-lain.

Otomotif

Industri otomotif merupakan manufaktur yang dalam proses produksinya menggunakan teknologi tingkat tinggi. Hasilnya industri otomotif misalnya seperti sepeda motor, mobil, pesawat dan lain-lain.

Elektronik

Sama saja seperti industri otomotif, dalam proses produksinya industri elektronik menggunakan teknologi tingkat tinggi. Hasil industri elektronika misalnya seperti televisi, kulkas, komputer, handphone dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan mengenai “Perusahaan Manufaktur” Pengertian & ( Karakteristik – Fungsi – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: