Perihal Terjadinya Perubahan Wujud Zat Oleh Kalor

Posted on

GuruPendidikan.Com – Dalam ilmu fisika setiap segala sesuatu yang mempunyai massa dan yang menempati suatu ruang disebut dengan zat. Dan jika yang tidak mempunyai massa namun menempati ruang maka termasuk tergolong kedalam sebuah energi. Yang termasuk yang tidak memiliki massa seperti bunyi dan cahaya. Jadi, dalam ilmu fisika bahwa sesungguhnya ilmu yang menyangkut mengenai zat dan energi. Namun kali ini diulas tentang masalah wujud zat dan perubahannya, wujud zat dapat berubah karena adanya kalor yang diberikan atau dilepaskan.

es batu

Perubahan Wujud Zat

Didalam ilmu fisika teori dasar zat terbagi menjadi 3 wujud yaitu :

  • Zat padat
  • Zat cair
  • Dan Zat gas

Di dalam pelajaran ilmu IPA fisika teori dasar mengenai zat tersebut menjelasakan bahwa zat bisa mengalami suatu perubahan wujud. Pada zat padat dapat yang mengalami perubahan wujud menjadi zat cair hal ini biasa disebut dengan melebur. Yang diantaranya seperti bungkahan, es dapat berubah menjadi air. Kemudian air dapat berubah menjadi uap yang disebut dengan peristiwa menguap. Yang diantaranya seperti peristiwa menguapnya air dipermukaan bumi menjadi uap air di awan. Kebalikan perubahan wujud diatas ialah mengembun dan membeku. Terjadinya kondisi uap air di angkasa bisa mengalami peristiwa terjadinya pengembunan hal ini karena adanya embun tersebut yang menempel/melekat pada benda atau tumbuhan apa saja dipagi hari.

Ada juga peristiwa perubahan wujud yang tidak mengalami proses terjadinya melebur melainkan langsung menjadi uap, peristiwa ini disebut dengan menyublin diantaranya seperti kapur barus berubah langsung menjadi uap. Proses sebaliknya disebut dengan mengkristal yang dimana upa kapur barus dapat berubah wujud menjadi kristal kapur barus.

Pengaruh Kalor Terhadap Wujud Zat

Kalor bisa menaikkan suhu suatu zat yang berdampak terhadap terjadinya perubahan wujud zat. Melebur dan menguap yang merupakann peristiwa yang membutuhkan kalor, karena untuk dapat meleburkan sebuah bungkahan es ataupun untuk menguapkan air dibutuhkan kalor.

Numun peristiwa mengembun dan membeku tidak membutuhkan kalor melainkan melepaskannya, peristiwa terjadinya terbentuknya embun dipagi hari merupakan contoh dari perubahan wujud yang melepaskan kalor. Begitu juga peristiwa membeku akan dikeluarkan sejumlah kalor sehingga air membeku membentuk bungkahan es.

loading...

Seperti kulkas ( lemari es ) merupakan penerapan peristiwa terjadinya perubahan wujud zat cair yang menjadi padat, alat difungsikan untuk mengeluarkan kalor yang ada pada air. Jadi deemikian bungkahan es dapat terbentuk dikulkas karena kalor pada air telah dikeluarkan oleh alat tersebut.

Jadi bisa disimpulkan bahwa zat yang mengalami perubahan zat disebabkan adanya kalor, dalam proses yang demikian kalor itu dibutuhkan oleh zat untuk mengubah wujudnya, namun ada pula yang tidak membutuhkan kalor alias dilepaskan.

Demikianlah pembahasa mengenai Perihal Terjadinya Perubahan Wujud Zat Oleh Kalor semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa menambah wawasan maupun pengetahuan anda, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂