Contoh hewan Ovovivipar
Contoh hewan Ovovivipar

Perkembangbiakan Hewan Ovovivipar Beserta Ciri Dan Contohnya

Posted on

Hewan Ovovivipar

Ovovivipar merupakan cara berkembang biaknya hewan dengan cara beranak dan bertelur, embrionya berkembang di dalam telur, serta telur tetap di dalam tubuh induknya sampai dengan telur menetas. Lalu setelah telur tersebut menetas, hawan baru itu keluar dari tubuh induknya.

Definisi Embrio

Embrio merupakan suatu eukariota diploid multisel dalam tahap awal dari sebuah perkembangan.

Organisme yang berkembang biak dengan cara seksual, saat satu sel sperma membuahi ovum, dan hasilnya ialah satu sel yang kita sebut dengan zigot yang mempunyai seluruh DNA dari kedua orang tuanya. Dalam hewa dan beberapa protista, zigot akan membelah oleh mitosis agar menghasilkan organisme multiselular.

Hasil dari sebuah proses tersebut ialah embrio. Pada hewan, perkembangan zigot menjadi embrio terjadi lewat tahapan yang dikenal sebagai organogenesis, gastrula, serta blastula.

Contoh hewan Ovovivipar
Contoh hewan Ovovivipar

Ciri-ciri Hewan Ovovivipar

Ciri dari hewan ovovivipar yang khas ialah pada embrionya yang berkembang biak serta tumbuh didalm telur, lalu setelah cukup umur telur tersebut, jadi bukan dari tubuh induknya.

Contoh Hewan Ovovivipar

Sebagai contoh hewan binatang ovovivipar ialah ikan pari, hiu, serta beberapa jenis ular. Dari berbagai jenis ular sebagaian hewan ovovivipar mempunyai karakteristik serta sifat yang berbeda-beda.

Dan contoh lainnya ialah kadal, salah satu hewan yang unik dan sering juga disebut sebagai hewan langka karena mulai susah ditemukan. Kadal mempunyai tekstur serta sisik tubuh yang cilin dan berkembang biak diatas pohon ataupun didalm hutan. Sekarang, populasi kadal semakin langka dan hanya bisa kita jumpai didaerah tertentu.

Demikian Penjelasan Tentang Perkembangbiakan Hewan Ovovivipar Beserta Ciri Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀