Kebudayaan Islam Di Indonesia
Kebudayaan Islam Di Indonesia

Perkembangan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi Beserta Proses Dan Macamnya

Posted on

Perkembangan Budaya

Pengembangan budaya merupakan proses mempertahankan atau meningkatkan kebiasaan masyarakat dalam penelitian pengembangan  yang menggambarkan bagaimana budaya dan masyarakat berubah dari waktu ke waktu diindikasikan sebagai banyak pengaruh global. Banyak dikembangkan pengembangan budaya melalui kepentingan transnasional. Semua bentuk kesenangan yang terlibat dalam pengembangan budaya ini. Untuk menghadapi globalisasi budaya, sangat sulit bagi orang untuk melestarikan budaya lokal mereka sendiri yang unik ke daerah, tetapi globalisasi budaya merupakan komponen penting dalam pengembangan wilayah masyarakat sendiri. Dalam konteks pengembangan masyarakat, pengembangan budaya memiliki empat komponen, yaitu.

Pengembangan Budaya dalam Penyesuaian Diri Manusia

  • Penyesuaian Biologis

Keadaan alam yang sudah semakin berubah seiring dengan perusakan lingkungan sebagai akibat dari ekonomi global. Membuat manusia sulit untuk menyesuaikan dirinya secara biologis terhadap budaya yang telah berkembang seperti perkembangan budaya yang bertentangan dengan nilai serta norma masyarakat yang sebelumnya.

  • Penyesuaian Sosial

Perkembangan budaya yang berbelit-belit serta terlalu di luar ambang batas norma dan nilai sosial yang sudah ada sebelumnya, akan terasa sedikit sulit untuk menyusaikan dengan keadaan sosial masyarakatnya.

Kebudayaan Islam Di Indonesia
Kebudayaan Islam Di Indonesia

Proses

  • Internalisasi

Manusia memiliki bekat yang sudah terkandung dalam gennya untuk mengembangkan bermacam perasaan, hasrat, emosi, serta nafsu dalam upaya pengembangan budayanya. Perasaan yang ada dari manusia merupakan manusia yang tidak pernah merasa puas, sehingga ia berupaya untuk selalu melakukan pengembangan dalam dirinya yang mempengaruhi perubahan pada budaya mereka sendiri.

  • Sosialisasi

Berkaitan erat dengan kajian sistem sosial dalam masyarakat itu sendiri.  Kita memahami budaya dari proses sosialisasi turun-temurun, tetapi adakalnya proses sosialisasi tersebut tidak sempurna dilakukan oleh generasi sebelumnya hingga, membuat budaya yang lama terkadang diambil bagian yang sesuai dengan keadaan sekarang. Sehingga budaya yang ada dulu belum  tentu ada untuk sekarang ini. Sebab juga dipengaruhi oleh global ekonomi yang sedang berlangsung dalam kelangan masyarakat.

  • Enkulturasi

Hal tersebut tidak telepas dari pengaruh dari luar masyarakat penganut budaya asli, proses ini menjadi faktor pendorong utama dalam peningkatan atau sebaliknya dalam nilai pada budaya masyarakat. Dengan itu, aspek ini yang berada di luar masyakat, menjadi indikator yang begitu penting dalam proses pengembangan budaya dewasa ini.

Nilai

Semakin bernilai hasil dari upaya pengembangan budaya ini untuk masyarakat maka semakin besar harapan untuk meningkatkan budaya tersebut. Bila penghargaan yang diberikan antar satu masyarakat ke yang lainnya dianggap bernilai, maka orang-orang melakukan perilaku yang sesuai dengan nilai budaya yang baru tersebut, mereka akan mendapat prestise dari masyarakat lainnya.

loading...

Macam-Macam dalam Pengembangan Budaya

  • Melestarikan dan menghargai budaya lokal

Tradisi budaya lokal adalah bagian penting dalam menanamkan rasa kebersamaan atau bermasyarakat, dan membantu memberi mereka rasa identitas. Oleh sebab itu, perkembangan masyarakat akan berusaha untuk mengidentifikasi elemen-elemen penting dari budaya lokal dan melestarikannya. Tradisi ini meliputi sejarah lokal dan peninggalan berharga, kerajinan berbasis lokal, makanan lokal atau hal-hal lainnya. pengaruh eksternal dapat memisahkan tradisi budaya Lokai ini, dan strategi masyarakat yang membutuhkan hati-hati jika Anda ingin mempertahankan tradisi.

  • Melestarikan dan menghargai budaya asli atau pribumi

Ketika dinyatakan bahwa budaya asli hanyalah sebuah kasus khusus dalam budaya lokal, dinamika yang berbeda yang mengelilingi budaya asli berarti budaya asli diperlakukan sebagai masalah yang terpisah. Ada dua isu utama yang mendasari yaitu, klaim khusus pertama yang dimiliki oleh masyarakat adat dari tanah atau wilayah dan struktur sosial tradisional yang berkembang seleras dengan tanah atau wilayah selama periode waktu yang jauh lebih lama dari kolonialisme baru.

  • Multikulturalisme

Kata ini biasanya menunjukkan kelompok etnis yang berbeda yang hidup dalam masyarakat, tetapi mempertahankan identitas budaya yang berbeda. Oleh karena itu, fokusnya adalah pada fitur etnis dan budaya dari kelompok etnis yang berbeda. Kebiasaan dalam budaya yang relatif homogen tampak hilang, masyarakat harus datang ke kehidupan sosial yang multikultural. Bagi sebagian orang, hal ini terjadi karena rasa takut, ancaman, bahaya dan Raisal dan ketegangan budaya dan pengecualian.

  • Budaya partisipatori

Kegiatan budaya merupakan fokus penting bagi identitas masyarakat, partisipasi, interaksi sosial dan pengembangan masyarakat. Salah satu cara untuk mendorong masyarakat yang sehat untuk mendorong partisipasi luas dalam kegiatan budaya, sehingga seni, musik, teater, tari dan olahraga menjadi sesuatu yang mereka lakukan, bukan apa yang mereka menonton. Hal ini telah menjadi fokus dari program pengembangan budaya banyak masyarakat; Partisipasi budaya dapat dilihat sebagai cara penting untuk membangun modal sosial, memperkuat masyarakat dan menegaskan identitas.

Demikian Penjelasan Tentang Perkembangan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi Beserta Proses Dan Macamnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀