Perbedaan Unsur, Atom Dan Isotop Beserta Penjelasannya

samhis setiawan

Perbedaan Unsur, Atom Dan Isotop Beserta Penjelasannya

GuruPendidikan.Com – Dalam hal ini unsur, stom dan isotop tentunya mempunyai pengertian yang berbeda, namun apabila ita melihat dari pengertian ketiganya itu memiliki keterkaitan.

Perbedaan Unsur, Atom Dan Isotop Beserta Penjelasannya

Dan berikut ialah pengertian dari unsur, atom dan isotop, untuk lebih jelasnya simak saja ulasan dibawah ini.

Pengertian Unsur

Dalam hal ini merupakan zat tunggal yang secara kimia tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana.

Contohnya yakni Hidrogen dan Oksigen karena jenis gas tersebut tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana, lain halnya apabila ir dapat diuraikan oleh listrik menjadi dua jenis gas yaitu hidrogen dan oksigen.

Beberapa contoh unsure dalam kehidupan sehari-hari ialah besi, alumunium, timah, emas, tembaga, perak, oksigen, nitrogen, belerang dan karbon. Unsur berdasarkan sifatnya dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu:

  • Unsur-unsur logam.
  • Unsur-unsur non logam.
  • Unsur-unsur Semi Logam “Metaloid”.

Pengertian Atom

Dalam hal ini merupakan sebuah bagian terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai suatu sifat unsur tersebut.

  • Setiap atom dari suatu unsur memiliki sifat tertentu yang berbeda dengan sifat atom unsur yang lain. Yang perbedaan ini meliputi sifat kimia dan sifat fisiknya.
  • Perbedaan antratom terjadi karena perbedaan jumlah proton, elektron dan neutron penyusunnya.

Pengertian Isotop

Dalam hal ini merupakan varian pada sebuah unsur yang memiliki berat atom yang berbeda dari varian lainnya. Kecuali untuk bentuk paling umum dari hidrogen, yang hanya memiliki proton, setiap inti atom dalam materi normal terdiri dari keduanya proton dan neutron.

Isotop dari unsur tertentu memiliki jumlah proton yang sama, tetapi jumlah neutron yang berbeda, mereka memiliki dasarnya sifat kimia yang sama, namun sedikit berbeda dalam karakteristik fisik mereka, seperti titik leleh dan titik didih.

Demikianlah pembahasan mengenai Perbedaan Unsur, Atom Dan Isotop Beserta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Most popular articles related to Perbedaan Unsur, Atom Dan Isotop Beserta Penjelasannya
Shares