Perbedaan Propana Dan Butana Beserta Penjelasannya

Posted on

Perbedaan Propana Dan Butana Beserta Penjelasannya

GuruPendidikan.Com – Untuk hal ini butana dan propana yang kedua jenis gas yang digunakan untuk keperluan industri dan rumah tangga. Yang keduanya sangat umum dan dapat digunakan dalam kompor, oven, pemanas dan bahkan mesin mobil. Dan yang akan diurai pada artikel kali ini mengenai perbedaan antara propana dan butana, nah untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Perbedaan Propana Dan Butana Beserta Penjelasannya

Perbedaan Propana Dan Butana

Untuk sekarang ini kita akan melihat perbedaan butana dan propana, kami akan memulai dengan melihat sifat-sifat butana. Meskipun propana lebih populer, butana terus digunakan sebagai sumber bahan bakar. Hal ini digunakan sebagai bahan bakar di kompor, korek api dan bahkan di semprotan aerosol sebagai propelan. Selain itu, butana lebih murah dari pada propana, tapi relatif, lebih sulit untuk digunakan, sehingga tidak sangat umum tersedia dan tidak banyak gadget, perangkat dirancang untuk digunakan dengan butana sebagai sumber bahan bakarnya.

Namun anda harus mengetahui bahwa butana lebih efisien daripada propana bila digunakan sebagai bahan bakar. Jika volume yang sama dari butana dan propana dibakar pada suhu di atas titik beku, butana akan berakhir menyediakan 12% energi lebih dari propana. Dengan demikian, butana bisa menjadi pilihan yang lebih disukai saat ini tersedia dalam jumlah yang memadai karena merupakan energi yang efisien dan juga memiliki keuntungan dari harga yang lebih murah.

Dalam hal ini tidak seperti butana, propana tersedia lebih mudah dalam tangki portabel kecil dan digunakan secara luas untuk rumah pemanasan. Hal ini digunakan sebagai bahan bakar dibarbeque gas, lentera dan kompor berkemah. Mobil berjalan di liquefied petroleum gas atau LPG yang dibuat dengan mencampur propana dengan bahan bakar lain seperti butilena, propilena atau butana.

Yang ketika bahan bakar harus disimpan untuk waktu yang lama, propana ialah pilihan yang lebih baik dari butana. Ia menyimpan dengan baik dalam kondisi cuaca variabel dan bahkan dibawah suhu beku tidak akan mempengaruhi kondisi penyimpanan propana karena propetriesnya. Ketika orang perlu untuk pergi berkemah, hiking atau mendaki gunung, terutama dalam cuaca dingin, propana lebih disukai daripada butana sebagai bahan bakar untuk memasak. Karena gas propana tidak berbau, kebocoran lebih sulit untuk dideteksi. Untuk alasan ini, Ethanethiol dicampur dengan propana sehingga kebocoran dapat dengan mudah dideteksi.

Karakteristik Propana

Propana banyak digunakan di Amerika Utara sebagai bahan bakar untuk pemanas rumah dan juga tersedia dalam tangki portabel yang lebih kecil. Propana yang dicampur dengan sejumlah kecil zat lain seperti butilena, propilena, dan butana dapat digunakan sebagai bahan bakar mobil yang dikenal sebagai liquefied petroleum gas (LPG).

Gas ini tidak berbau sehingga sering dicampur dengan ethanethiol yang memiliki bau yang kuat sehingga mudah dideteksi jika terjadi kebocoran. Jika harus disimpan untuk waktu yang lama atau dalam kondisi cuaca yang berubah, propana biasanya merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan butana. Propana relatif mudah untuk dicairkan dan dikompres dan memiliki titik didih -42 derajat celcius. Propana dengan mudah dapat disimpan di hampir semua lingkungan karena suhu di bawah titik beku tidak akan mempengaruhi karakteristiknya.

Karakteristik Butana

Butana merupakan gas yang populer digunakan sebagai bahan bakar untuk berbagai keperluan, aerosol juga menggunakan butana sebagai propelan. Meskipun umumnya lebih murah daripada propana, butana relatif lebih jarang digunakan sehingga tidak semua alat kompatibel.

Gas ini memiliki titik didih di sekitar titik beku ari 0 derajat celsius sehingga tidak efektif digunakan pada kondisi suhu yang sangat rendah. Dibawah titik didihnya, butana tetap cair sehingga tidak terdapat perubahan tekanan untuk memaksa gas keluar dari wadahnya. Salah satu keuntungan butana ialah tingginya efisiensi bakarnya, apabila volume yang sam dari kedua gas “propana dan butana” dibakar pada suhu di atas titik beku, butana akan memberikan sekitar 12% lebih banyak energi.

Demikianlah pembahasan mengenai Perbedaan Propana Dan Butana Beserta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: