mikro dan makro
mikro dan makro

Perbedaan Mikroekonomi dan Makroekonomi Terlengkap

Posted on

MIKROEKONOMI

Perbedaan Mikroekonomi dan Makroekonomi Terlengkap –  teori mikro, mikro berarti “kecil” dengan demikinan mikroekonomi dapat diartikan sebagai “Ilmu Ekonomi Kecil” .

mikro dan makro
mikro dan makro

Berdasarkan pada pola serta ruang lingkup analisanya mikroekonomi dapat didefinisikan sebagai ;
“Satu bidang study dalam ilmu ekonomi yang menganalisis mengenai bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan dari perekonomian”.

Aspek terpenting dalam mikroekonomi:

  1. Aspek terpenting dalam mikroekonomi ini adalah interaksi penjual dan pembelian di pasaran faktor-faktor produksi.
  2. mengenai kegiatan suatu pasar barang.
  3. tingkah laku pembeli dan penjualan di pasar.

ilmu mikroekonomi mempelajari variabel-variabel ekonomi dalam lingkup kecil misalnya perusahaan, rumah tangga.
Dalam ekonomi mikro ini dapat dipelajari tentang bagaimana individu menggunakan sumber daya yang dimilikinya sehingga tercapai tingkat kepuasan yang optimum. Secara teori, tiap individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi yang optimum bersama dengan individu-individu lain akan menciptakan keseimbangan dalam skala makro dengan asumsi ceteris paribus.

Note:

Variable (ekonomi) adalah data ekonomi misalkan “kuantitas(harga) barang yang diproduksi” yang dihubungkan dengan data ekonomi lainnya untuk mengetahui sifat hubungan diantara data kedua ekonomi tersebut

Cēterīs pāribus

Cēterīs pāribus merupakan istilah yang  dalam  bahasa Latinnya , yang secara harafiah dapat diterjemahkan sebagai “dengan hal-hal lainnya tetap sama”, dan dalam bahasa Inggris biasanya diterjemahkan sebagai “all other things being equal.”

Dalam ilmu ekonomi, istilah ceteris paribus seringkali digunakan, yaitu sebagai suatu asumsi untuk menyederhanakan beragam formulasi dan deskripsi dari berbagai anggapan ekonomi.

MAKROEKONOMI

guruPendidikan.com/ Ilmu Makroekonomi mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan). Variabel-variabel tersebut antara lain :

  • pendapatan nasional,
  • kesempatan kerja  atau pengangguran,
  • jumlah uang beredar,
  • laju inflasi,
  • pertumbuhan ekonomi,
  • maupun neraca pembayaran internasional.

Ilmu ekonomi makro mempelajari masalah-masalah ekonomi utama sebagai berikut :
“Sejauh mana berbagai sumber daya telah dimanfaatkan di dalam kegiatan ekonomi?”.

Perbedaan MIKROEKONOMI dan MAKROEKONOMI

Mikroekonomi.
Ekonomi mikro membahas perilaku unit ekonomi secara individual seperti tingkah laku individual konsumen rumah tangga, perusahaan atau produsen, dan pemerintah dengan unit-unitnya dalam menetukan pilihan (choice). Ekonomi Mikro juga mempelajari bagaimana interaksi ketiga pelaku ekonomi ini dikoordinasikan oleh kekuatan pasar.

Makroekonomi.
dibedakan atas 5 kelompok yaitu, rumah tangga, atau konsumen(households), produsen(business), pemerintah (government), serta lembaga keuangan(financial). Pembagian ini dilakukan untuk memudahkan dalam melakukan analisi kebijakan makro.

Sedangkan dalam mikroekonomi pelaku ekonomi hanya dibedakan atas 2 kelompok saja, yaitu konsumen serta produsen.

Perbedaan mikroekonomi dan makroekonomi :

Mikroekonomi.

dilihat dari segi :

  1. HARGA :nilai dari suatu komoditas(barang tertentu).
  2. Unit analisis : Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual.
  3. Tujuan analisis : Lebih fokus pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat serta maksimum.

Makroekonomi.

Dilihat dari segi :

  1. HARGA : nilai dari komoditas secara agregat(keseluruhan).
  2. Unit analisis :Pembahasan tentang kegiatan ekonomisecara keseluruhan.
  3. Tujuan analisis : Lebih fokus pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan.

Demikian Penjelasan tentang Perbedaan Mikroekonomi dan Makroekonomi Terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂