Perbedaan Lemak Dan Lipid Dalam Ilmu Biologi

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Dalam hal ini lipid merupakan kelompok luas, senyawa organik yang beragam dan alami. Lipid untuk hal ini memainkan peran yang sangat besar ketika datang ke penyimpanan energi dan struktur sel.

Perbedaan Lemak Dan Lipid

Mereka dibagi menjadi empat kelompok utama yang terdiri dari lemak, lipid, hormon dan steroid. Perbadaan antara lemak dan lipid ialah lemak ini ialah bagian dari pilid.

Lemak

lemak, dalam hal ini seperti protein dan karbohidrat yang merupakan kelompok nutrisi yang memasok energi untuk tubuh. Lemak merupakan senyawa organik yang datang dalam bentuk cair atau padat. Mereka terdiri dari asam lemak jenuh dan tak jenuh.

Lemak jenuh menyebabkan tingginya tingkat kolestrol jahat, yang dikenal sebagai LDL dan dapat ditemukan dalam produk hewani dan minyak nabati. Lemak tak jenuh membantu menurunkan kolestrol jahat, tapi masih harus dikonsumsi dalam jumlah sedang karena kandungan kalori mereka. Lemak tak jenuh ditemukan dalam minyak nabati yang umumnya likuid.

Lilin

Lilin merupakan jenis lipid yang dalam hal ini ester asam lemak, lilin yang terkenal termasuk lilin lebah, spermaseti dan lilin carnauba. Di alam lilin pelapis membantu melindungi permukaan beberapa buah-buahan dan daun dari dehidrasi, predator dan hama. Bulu dan rambut juga memiliki lapisan lilin untuk mengusir air.

Steroid

Steroid yang berasal dari 17 atom karbon yang terdiri dari empat cincin, ada ratusan jenis steroid pada tanaman, hewan dan jamur dan mereka terlibat dalam berbagai proses fisiologis. Kolesterol ialah salah satu steroid yang paling terkenal. Sebagian besar media menggunakan istilah steroid yang mengacu pada penggunaan steroid anabolik yang digunakan untuk meningkatkan kinerja fisik.

Hormon

Hormon dalam hal ini merupakan jenis lipid yang mengikat permukaan sel untuk membuat tanggapan. Hormon mengikat reseptor untuk memulai serangkaian sinyal dalam sel, seperti ekspresi gen atau represi. Organisme multisel semua memproduksi hormon seperti tumbuhan dan hewan.

Demikianlah pembahasan mengenai Perbedaan Lemak Dan Lipid Dalam Ilmu Biologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to Perbedaan Lemak Dan Lipid Dalam Ilmu Biologi
Shares