E-Bisnis dan E-commerce
E-Bisnis dan E-commerce

Perbedaan E-Bisnis Dengan E- Commerce

Posted on

Perbedaan E-Bisnis Dengan E- Commerce

Perbedaan E-Bisnis Dengan E- Commerce – Istilah E-business dengan E-commerce seringkali terlihat serta digunakan untuk proses yang sama. walau demikian, meskipun berhubungan, keduanya memiliki arti yang tentu berbeda.

E-Bisnis dan E-commerce
E-Bisnis dan E-commerce

Awalan “E” ialah “elektronik”, yang berarti kegiatan ataupun transaksi yang digunakan tanpa pertukaran atau kontak fisik. Transaksi diadakan dengan secara elektronik atau digital, sesuatu dibuat menjadi mungkin dengan pesatnya perkembangan komunikasi digital.

E-Commerce ialah proses pembelian, penjualan, ataupun pengantian produk, pelayanan serta informasi dengan menggunakan jaringan internet.E-commerce berarti ialah transaksi bisnis melalui internet dimana pihak-pihak yang terlibat akan melakukan penjualan atau pembelian. Transaksi yang dilakukan didalam e-commerce pada dasarnya ialah melibatkan pengalihan (transfer) maupun penyerahterimaan (handing over) kepemilikan serta hak atas produk atau jasa.

Secara teknis, E-commerce hanya ialah bagian dari E-business dikarenakan, menurut definisi, E-business ialah semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen (e-commerce), transaksi dengan produsen serta pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis. Pertukaran informasi via database terpusat juga dilakukan didalam e-commerce.
Fungsi-fungsi bisnis hanya terbatas pada sumber daya teknologi.

Jadi, tentunya, e-commerce ialah bagian yang tak terpisahkan dari proses E-business, tetapi dalam kerangka terbatas, e-commerce ialah kegiatan menjual dan membeli.

E-Business ialah kegiatan menjalin relasi dengan konsumen atau klien, bertukar data dalam satu Perusahaan dengan menggunakan internet. E-business sendiri ialah perluasan dari e-commerce , di mana tidak hanya pembelian serta pembayaran barang, dan pelayanan, namun juga disertai pelayanan konsumen, kolaborasi dengan partner bisnis dengan dukungan elektronik sebagai alat transaksi atau pun organisasi.

Perbedaan lainnya yang mendasar antara e-commerce dan e-business ialah bahwa tujuan ecommerce memang www.gurupendidikan.com benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang atau pun melibatkan pertukaran uang dalam suatu transaksi), sedangkan E-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen , peraturan kerja , relasi antar mitra bisnis, serta  penanganan masalah sosial lainnya. Semua aspek dalam bisnis seperti , pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dan sebagainya.

Baca Juga  : Pengertian E-Bisnis Dan 7 Strategi Taktis E-Bisnis

Note:

1.E-business hanya melibatkan pemasaran , perancangan produk , evaluasi layanan konsumen, dan lain-lain.
2.E-business lebih luas dalam lingkup serta e-commerce hanya ialah satu aspek atau satu bagian dari e-business.
3.E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti pembelian dan penjualan barang serta jasa melalui internet.
4.E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.

namun sekarang orang-orang yang melakukan e-commerce juga telah melakukan e-business secara bersamaan. dan hasilnya, perbedaan makna dari e-business serta e-commerce semakin sempit.

Selain perbedaan seperti yang telah disebutkan e-commerce serta e-business juga memiliki kesamaan dalam tujuan utama ialah memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. E-commerce sertae-business ialah terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing serta sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet.

 

Demikian Penjelasan tentang Perbedaan E-Bisnis Dengan E- Commerce Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂