Perbedaan Akuntasi Keuangan Dan Akuntasi Manajemen

parta setiawan

Pengertian Akuntasi Keuangan Dan Akuntasi Manajemen

Perbedaan Akuntasi Keuangan Dan Akuntasi Manajemen – Akuntansi yang secara garis besar dibagi menjadi dua ialah,

  1. akuntansi keuangan
  2. akuntansi manajemen.

 

Akuntasi Keuangan Dan Akuntasi Manajemen

Akuntasi Keuangan Dan Akuntasi Manajemen

Akuntansi keuangan ialah bidang yang bertugas mengolah transaksi perusahan serta pada akhir periode menghasilkan laporan keuangan (baik itu Neraca, Laba Rugi, serta laporan lain yang diperlukan). Informasi yang dihasilkan ialah untuk digunakan oleh pihak luar (ekstern) perusahaan ialah, seperti kreditor, investor, pemegang saham, pemerintah, dan sebagainya.

Sedangkan akuntansi manajemen ialah bidang akuntansi yang bertujuan untuk menghasilkan informasi keuangan yang diperuntukkan bagi pihak manajemen ataupun manajer perusahaan (intern). Informasi yang dihasilkan ialah untuk digunakan oleh semua lini manajemen. Mulai dari top manajemen, middle manajemen, sampai lower manajemen untuk mengambil keputusan bisnis bagi perusahaan.

Informasi yang dihasilkan akuntansi keuangan, berupa laporan keuangan, digunakan sebagai pertanggung jawaban manajemen atas kinerja yang telah dilakukan selama satu periode. Sedangkan informasi yang dihasilkan akuntansi manajemen digunakan oleh pihak intern (dalam) perusahaan, serta tidak untuk dipublikasikan ke publik.

Informasi tersebut digunakan ialah sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan mengambil kebijakan perusahaan untuk kemajuan perusahaan di masa mendatang.
Apabila dalam akuntansi keuangan informasi yang digunakan ialah berorientasi pada masa lalu (historical) , maka pada akuntansi manajemen semua sumber informasi akan digunakan ( Mulai dari informasi biaya-biaya di masa lalu ataupun historical cost, sekarang ataupun current cost, serta biaya masa datang ataupun future cost. )

Dalam menjalankan praktik akuntansi keuangan harus berpedoman pada Standar Akuntansi Keuangan di singkar SAK yang berlaku. Tetapi didalam akuntansi manajemen tidak ada batasan pada prinsip-prinsip akuntansi yang berterima umum. Selama prinsip-prinsip yang digunakan itu memberikan manfaat bagi pihak manajemen perusahaan, baik itu dalam hal-hal pengukuran, maupun perhitungan, maka hal tersebut wajar saja diterapkan. Bahkan untuk prinsip ataupun pedoman yang telah terbukti berhasil serta bermanfaat dalam penerapan akuntansi manajemen di sebuah perusahaan, hal tersebut akan diadaptasi ataupun ditiru oleh perusahaan-perusahaan lain.

Didalam akuntansi manajemen banyak sekali disiplin ilmu yang terlibat, tidak hanya hal mengandalkan disiplin ilmu akuntansi, tetapi juga mengambil disiplin ilmu dari bidang lain, seperti manajemen serta psikologi sosial.
Perpaduan berbagai disiplin ilmu tersebut sangat bermanfaat dalam menjalankan fungsi utama akuntansi manajemen, ialah untuk pengambilan keputusan serta merumuskan kebijakan perusahaan untuk masa yang akan datang maka informasi yang dihasilkan pun berupa tafsiran.
Tafsiran yang dihasilkan itu bermanfaat bagi manajemen dalam melakukan fungsi pengelolaan serta kontrol perusahaan.

Perbedaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan

    • Akuntansi manajemen ialah memberikan informasi kepada orang-orang dalam suatu organisasi sedangkan akuntansi keuangan ialah memberikan informasi kepada orang-orang luar suatu organisasi , seperti pemegang saham.
    • Akuntansi keuangan diperlukan oleh hukum sedangkan akuntansi manajemen tidak diperlukan oleh hukum.
    • Standar khusus serta format mungkin diperlukan untuk akun hukum seperti dalam Standar Akuntansi Internasional di Eropa.
    • Akuntansi keuangan meliputi seluruh organisasi sedangkan akuntansi manajemen mungkin lebih fokus ke arah produk tertentu ataupun pusat biaya.
    • Akuntansi manajerial ini digunakan terutama oleh orang-orang dalam suatu perusahaan ataupun organisasi. Laporan dapat dihasilkan untuk setiap periode waktu seperti harian, mingguan maupun bulanan. Laporan dianggap  ialah “mencari masa depan” serta telah meramalkan nilai bagi mereka yang ada di dalam perusahaan atau organisasi.
    • Akuntansi keuangan ini digunakan terutama oleh mereka orang-orang di luar perusahaan ataupun organisasi. Laporan keuangan juga biasanya dibuat untuk jangka waktu yang sudah ditetapkan, seperti tahun fiskal ataupun  periode. Laporan keuangan secara historis faktual serta memiliki nilai prediktif untuk mereka yang ingin membuat suatu keputusan keuangan maupun investasi dalam suatu perusahaan atau organisasi.
    • Akuntansi manajemen ialah cabang akuntansi yang terutama berkaitan dengan adanya laporan keuangan rahasia untuk penggunaan eksklusif dari manajemen puncak dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Laporan ini juga dibuat dengan menggunakan metode ilmiah serta statistik untuk sampai di nilai moneter tertentu yang kemudian akan digunakan untuk pengambilan suatu keputusan.
      Laporan tersebut dapat meliputi:
      1.Laporan perkiraan penjualan.
      2.Analisis anggaran dan analisis komparatif.
      3.Studi kelayakan.
      4.Laporan konsolidasi dan merger.
    • Akuntansi Keuangan ialah cabang akuntansi yang berkonsentrasi pada suatu produksi laporan keuangan, termasuk tentang persyaratan pelaporan dasar profitabilitas, solvabilitas likuiditas, serta stabilitas. Sifat laporan ini ialah dapat diakses oleh pengguna internal maupun eksternal seperti pemegang saham, perbankan serta para kreditur.

 Demikian Penjelasan tentang Perbedaan Akuntasi Keuangan Dan Akuntasi Manajemen Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂

Most popular articles related to Perbedaan Akuntasi Keuangan Dan Akuntasi Manajemen
Shares