pereonomian nasional
pereonomian nasional

Peran Wirausaha Dalam Perekonomian Dan Pembangunan Nasional

Posted on

Peran Wirausaha Dalam Perekonomian Nasional

Peran Wirausaha Dalam Perekonomian Dan Pembangunan Nasional– Wirausahawan berperan baik secara eksternal ataupun internal. Secaraeksternal, wirausahawan berperan sebagai penedia lapangan pekerjaan untuk para pencari kerja. Dengan terserapnya tenaga kerja oleh kesempatan kerja yang ada, yang telah disediakan wairausaha, tingkat pengangguran secara nasional akan menjadi lebih berkurang.

Dan secara internal wirausahawan dalam mengurangi tingkat ketergantungan kepada orang lain, dapat meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan daya beli kepada pelakunya.

Dengan menurunnya tingkat pengangguran dapat berdapak positif terhadap kenaikan pendapatan perkapita dan daya beli masyarakat, dan tumbuhnya perekonomian secara nasional. Selain itu juga, dengan bertumbuhnya perekonomian perkapita dapat berdampak turunya kriminalitas yang biasanya ditimbulkan karena tingginya pengangguran.

Wirausahawan mempunyai peran yang sangat tinggi dalam melakukan wirausaha. Peran wirausaha dalam perekonomian negara yaitu:

  1. Menciptakan lapangan kerja
  2. Mengurangi pengangguran
  3. Meningkatkan pendapatan masyarakat
  4. Mengombinasikan faktor–faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal dan keahlian)
  5. Meningkatkan produktivitas nasional
pereonomian nasional
pereonomian nasional

Peran Wirausaha dalam membangun ekonomi nasional

Pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses yang menyebabkan pendapatan perkapita masyarakat meningkat. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi negara yang sedang berkembang. Tujuan dalam pembangunan ekonomi ialah sebagai peningkatan pendapatan nasional dan produktivitas. Faktor yang mempengaruhi  hal tersebut dalam negara-negara berkembang ialah:

  1. Modal (capital)
  2. Tenaga kerja yang tersedia
  3. Kekayaan alam (sumber daya alam ) riil
  4. Teknologi dan wirausaha
  5. Karakteristik social budaya masyarakat
  6. Luasnya pasar
  7. Sistem perekonomian yang digunakan.

Fakor tenaga kerja dan modal adalah input yang langusng mempengaruhi besarnya output. Sedangkan kelima faktor terakhir merupakan input yang secara tidak langsung telah mempengaruhi besarnya output melalui pgmodal.

Wirausaha dapat diartikan sebagai konsep kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda untuk menghasilkan nilai tambah namun dengan mempunyai keberaniaan untuk menghadapi resiko atau ketidak pastian. Hal-hal yang mendorong perhatian terhadap kewirausahaan, karena penelitian di berbagai negara yang sudah maju inovasi-inovasi dan kesempatan kerja berkaitan dengan mendirikan usaha kecil dan menengah yang biasa disebut enterepeneurial ventur.

Perhatian kepada wirausahawan yaitu sebagai pencipta kesempatan kerja baru, inovasi baru, pengahasilan baru, pembayaran pajak baru, semua itu disebut sebagai sumber pertumbuhan ekonomi juga sudah meyebar ke negara-negara sedang berkembang.

Didalam pembangunan negara-negara yang sedang berkembang dimana pengembagannya dalam wirausaha masih dalam tahapan permulaan yang telah menjadi rintangan dalam pertumbuhan ekonomi negara. Ternayta pembangunan hanya memerlukan pembentukan modal ( dari dalam dan luar negri) dan juga memerlukan pembentukan wirausaha-wirausaha baru.

Demikian Penjelasan Tentang Peran Wirausaha Dalam  Perekonomian Dan Pembangunan Nasional Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca JelajahInternet.Com 😀