Penjelasan Sumber Enzim Laktase Dalam Biologi

Posted on

GuruPendidikan.Com – Enzim merupakan biomolekul yang berupa protein yang memiliki fungsi sebagai katalis “senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi” dalam suatu reaksi kimia organik. Molekul awal yang disebut substrat akan di percepat perubahannya menjadi molekul lain yang disebut dengan produk.

Sumber Enzim Laktase
Jenis produk yang akan dihasilkan bergantung pada suatu kondisi/zat, yang disebut dengan promoter, yang semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung dengan cukup cepat dalam suatu arah lintasan metabolisme yang ditentukan oleh hormon sebagai promoter.

Pada enzim bekerja dengan cara bereaksi dengan molekul substrat untuk menghasilkan senyawa intermediat yang melalui suatu reaksi kimia organik yang membutuhkan energi aktivasi lebih rendah, sehingga percepatan reaksi kimia terjadi karena reaksi kimia dengan energi aktivasi lebih tinggi dengan membutuhkan waktu lebih lama.

Sumber Enzim Laktase

Laktase merupakan enzim yang memecah dan mencerna gula laktosa, itu penting karena laktosa ditemukan dalam susu, keju dan produk susu lainnya. Tanpa laktase, makan atau minum susu dapat memicu kram dan kembung. Orang yang tidak dapat menghasilkan laktase menjadi intoleran laktosa. Hal ini dapat terjadi karena cedera, penyakit atau genetika.

Sumber Laktase

Untuk sumber akar laktase pada manusia ialah gen laktase yang menyediakan instruksi untuk sel-sel untuk memproduksi enzim. Sel-sel yang benar-benar melakukan pekerjaan seperti sel epitel usus pada dinding usus kecil. Sel-sel menyerap nutrisi dari usus yang melalui juluran kecil yang disebut dengan “brush border”. Fungsi laktase di perbatasan sikat, memecah laktosa menjadi gula yang mudah untuk diserap.

Efek Samping Enzim Laktase

Sebuah berlebihan dari obat apa pun dapat menyebabkan beberapa efek buruk pada tubuh. Hal yang sama berlaku untuk laktase suplemen juga. Selama dosis suplemen enzim ini dapat menyebabkan beberapa efek samping yang dapat mempengaruhi beberapa organ dalam tubuh. Seperti wanita hamil dan ibu yang menyusui lebih rentan terhadap efek samping.

Reaksi alergi ialah efek samping yang umum pada orang yang tidak toleren terhadap suplemen laktase. Hal ini dapat dilihat sebagai ruam kulit yang mungkin gatal sensasi, kesemutan di mulut dan pembengkakan wajah, bibir dan lain-lain.

Beberapa individu juga mengalami sensasi kembung, kram perut, sembelit, mual akibat muntah dan lain-alin. kesulitan bernafas dan perasaan dada di perketat juga dilaporkan sebagai efek samping dari enzim ini. Walaupun jarang, interaksi obat dapat dilihat sebagai salah satu efek samping pencernaan enzim. Oleh karena itu, individu yang mengambil obat allopathic, obat-the-counter atau suplemen makanan lainnya harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen enzim laktase. Dan selalu berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mengambil suplemen enzim, hal ini karena dapat mengurangi risiko komplikasi yang tidak perlu, yang dapat mempengaruhi tubuh.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Sumber Enzim Laktase Dalam Biologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: