Penjelasan Spesifikasi Oomycetes Beserta Contohnya

Posted on

GuruPendidikan.Com – Oomycetes yang dikenal juga dengan jamur air merupakan kelompok protista bersel tunggal yang berfilamen. Dari segi fisik menyerupai dengan fungi ( jejamuran ), organisme ini pernah dimasukkan sebagai anggota fungi bahkan sampai sekarang kajian biologinya masih dimasukkan kedalam mikologi ( imu tentang biologi fungi ). Oomycetes dalam bahasa inggris disebut juga sebagai water moulds ( jamur air ) karena kebiasaannya yang dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi kelembaban yang terbilang tinggi dan berair.


Oomycetes yang meliputi jenis-jenis jamur lendir uniseluler yang membentuk benang-benang miselium yang bercabang-cabang. Beberapa jenis ada yang bersifat saprofit sebagai decomposer dan ada yang bersifat parasit pada tanaman dan hewan air. Untuk reproduksi aseksual pada Oomycetes yang hidup di air dengan zoospore berflagel dua. Sedangkan yang hidup didarat dengan sporangium dan konidium. Reoproduksi seksual dengan oogami. Selnya membentuk struktur yang mengandung sel telur dan struktur yang membentuk sel sperma.

Dari kedua struktur ini kemudian bersatu sehingga terjadi pembuahan yang menghasilkan zigot diploid yang kemudian tumbuh membentuk spora berdinding tebal, yang disebut zoospore dengan dua flagella, satu flagella tidak berbulu menjurus ke belakang dan satu flagella berbulu yang menjurus ke bagian depan. Zoospore ini bila berkecambah akan membentuk indivindu yang baru. Oomycetes sangat penting ekonomi dan ilmu pengetahuan karena banyak menyebabkan penyakit pada hewan dan tanaman budidaya.

Contoh ialah sebagai berikut

  • Lagenidium rabenhorsit yang memiliki hifa bercabang yang hidup parasit dalam sel-sel ganggang.
  • Saprolegnia parasitica parasit pada ikan dan telur-telur ikan
  • Phytium debaryanum menyebabkan busuk pada kecambah
  • Phytophthora infestans merupakan parasit yang menyerang tanaman kentang, tomat dan sebagainya.
  • Pythophtora faberi menimbulkan penyakit pada tanaman karet pada luka bekas sadapan.
  • Plasmopara viticola merupakan parasit pada tanaman anggur.
  • Pseudoperonospora cubensis, parasit pada tanaman mentimun.
  • Albugo candida, parasit pada tanaman kol, kubis dan kelompok Cruciferae yang lain.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Spesifikasi Oomycetes Beserta Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂