Penjelasan Persaingan ( Competition ) Beserta Macam, Fungsi Dan Contohnya

Posted on

GuruPendidikan.Com – Secara umum persaingan ( competition ) merupakan suatu proses sosial ketika ada dua pihak atau lebih saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai kemenangan tertentu. Persaingan ini dapat terjadi bila terdapat beberapa pihak menginginkan sesuatu yang jumlahnya terbatas atau menjadi pusat perhatian umum. Seperti ribuan remaja yang bersaing agar masuk jajaran dua belas besar penyanyi idola. Persaingan mengacu pada norma dan nilai yang diakui bersama dan berlaku pada masyarakat tersebut. Kecil dari kemungkinan pada persaingan menggunakan kekerasa atau ancaman. Sehingga dapat dikatakan bahwa persaingan dilakukan secara sehat atau sportif.

Pengertian Persaingan (Competition)

Pengertian Persaingan ialah suatu proses social ketika antar individu atau antar kelompok bersaing untuk mendapatkan sesuatu / tujuan / keuntungan. Persaingan tersebut bersifat pribadi dan kelompok.

Persaingan yang disertai dari kekerasan, ancaman dan juga dari keinginan untuk merugikan pihak lain dinamakan persaingan tidak sehat. Dalam hal ini tindakan itu tidak lagi dinamakan persaingan, melainkan kepada permusuhan atau persengketaan. Apa pun hasil suatu persaingan hendaknya diterima dengan kepala dingin, tanpa rasa dendam sedikit pun. Sejak awal tiap pihak yang bersaing menyadari akan adan yang menang dan kalah.

Macam-Macam Persaingan

  • Persaingan Bersifat Pribadi
    Persaingan ini terjadi ketika individu bersaing dengan satu orang atau lebih yang merupakan perorangan bersaing merebutkan sesuatu atau tujuan mereka.
  • Persaingan Bersifat Kelompok
    Persaingan ini ketika dua kelompok atau lebih bersaing secara bebas tetapi sportif dalam memperebutkan tujuan mereka.
  • Persaingan Bidang Kehidupan
    Persaingan bisa terjadi di hampir setiap bidang kehidupan kita seperti ekonomi, pendidikan, politik, kebudayaan. Namun persaingan harus dilakukan dengan secara jujur, sportif atau fair play. Persaingan yang demikian dapat meningkatkan prestasi seseorang atau kelompok di masyarakat.

Fungsi-Fungsi Persaingan

Sebagai suatu proses dan membentuk interaksi dalam masyarakat, menyusun suatu cara pembagian atau distribusi komoditi yang terbatas dalam masyarakat. Dalam persaingan tertentu bisa menuntun pengaturan tingkah laku individu agar lebih baik, melakukan persaingan yang sehat.

Persaingan dapat mendorong dan merangsang individu dan grub untuk lebih baik lagi. Bisa mendorong semangat persaingan dalam meningkatkan produksi dan efisiensi kerjanya.

Contoh-Contoh Persaingan

  • Bidang ekonomi, persaingan antara produsen barang sejenis dalam merebut pasar yang terbatas.
  • Dalam hal kedudukan persaingan untuk menduduki jabatan strategis.
  • Dalam kebudayaan persaingan dalam penyebaran ideology, pendidikan dan unsur kebudayaan lainnya.
  • Menyalurkan keinginan individu atau kelompok yang sama-sama menuntut dipenuhi padahal sulit untuk dipenuhi semuanya secara serentak. Misalnya membangun jalan desa atau dengan memperbaiki pos keamanan di lingkungan permukiman.
  • Menyalurkan kepentingan serta nilai dalam masyarakat, khususnya pada kepentingan dan nilai yang menimbulkan konflik. Misalnya di provinsi aceh warganya tidak boleh berpakaian minim atau pendek mereka juga harus berpakaian islami.
  • Menyeleksi individu yang juga pantas memperoleh kedudukan serta peran yang sesuai dengan kemampuannya.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Persaingan ( Competition ) Beserta Macam, Fungsi Dan Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂