Penjelasan Perbedaan Silia Dan Flagela Dalam Biologi

Posted on

GuruPendidikan.Com – Silia dan flagela merupakan bagian tamabahan dari sel-sel hidup. Silia membantu dalam mencegah akumulasi debu pada tabung pernapasan dengan menciptakan lapisan tipis lendir di sepanjang tabung. Flagela terutama digunakan oleh sel sperma untuk mendorong diri mereka sendiri yang melalui organ reproduksi wanita.

Perbedaan Silia Dan Flagela

Perbedaan Silia Dan Flagela

Ada banyak makhluk hidup yang menggunakan organ-organ tambahan untuk berbagai keperluan. Seperti paramesium menggunakan mereka untuk berenang, kerang menggunakannya untuk makan.

Fakta menarik ialah bahwa ganggang hijau menggunakan silia dan flagela untuk kawin. Silia dan flagela juga memiliki struktur internal yang sama. Kehadiran bagian seperti berbagai tabung, doublet luar dan konektor protein seperti link nexin dan lengan dynein cukup mirip pada keduanya.

Namun, silia dan flagela memiliki fitus unik tertentu juga. Baik silia dan flagela terdiri dari array sembilan filamen yang mencakup mikrotubulus lengkap dan parsial, dan juga bagian dari mikrotubulus tunggal. Mikrotubulus disebut sebagai “axoneme”. Perakitan mikrotubulus ini tercakup dalam membran yang hanya perpanjangan dari membran plasma. Gerakan keduanya silia dan flagela disebabkan oleh interaksi dari mikrotubulus ini.

Silia yang seperti struktur rambut kecil yang melingkupi sel dan membantu untuk mendorong melalui cairan. Biasanya sel memiliki satu atau kadang-kadang dua flagella yang membantu dalam bergerak melalui cairan. Flagela lebih panjang dalam ukuran sementara silia lebih pendek. Pergerakan silia dapat berhubungan dengan memukul saat berenang. Flagela bergerak dengan gaya seperti dayung.

Bagaimana silia dan flagela memperoleh energi mereka untuk mendorong melalui cairan?? Silia menggunakan molekul yang disebut “kinesin” yang melakukan kegiatan ATPase. Energi yang dihasilkan oleh kegiatan ini ialah apa yang membantu silia untuk melakukan kegiatan seperti mengikat kinesin dengan mikrotubulus yang mengubah hasil gerakan sel melalui cairan. Bertentangan dengan ini, Flagela mengandung sel-sel yang lebih dan didukung oleh kekuatan motif-proton dengan membran plasma.

loading...

Silia yang hadir dalam organisme multisel membantu dalam bergerak cairan di luar sel bergerak. Mereka juga membantu dalam pergerakan sekelompok se. Sementara siput menggunakan silia untuk meneruskan makanan melalui sistem pencernaan, ada kerang yang menggunakan silia untuk mengangkut makanan dan oksigen. Flagela terutama ditemukan pada gamet. Spons dan coelenterata mengambil bantuan flagela untuk melakukan fungsi pernapasan mereka.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Perbedaan Silia Dan Flagela Dalam Biologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: