Penjelasan Perbedaan Antara Anatomi Dan Fisiologi

samhis setiawan

Penjelasan Perbedaan Antara Anatomi Dan Fisiologi

GuruPendidikan.Com – Anatomi dan fisiologi selalu salaing berhubungan yang ketika mempelajari organisme hidup. Organisme hidupa dapat dibadakan dari organisme non-hidup, karena mereka berkembang biak dan memiliki metabolisme dan perkembangan. Studi tentang anatomi ialah penting untuk memhami struktur organ-organ dan fisiologi penting bagi studi tentang bagaimana struktur-struktur yang berfungsi untuk menjaga organisme tetap hidup. Anatomi dan fisiologi dapat dipelajari secara terpisah tetapi untuk memahami seluruh sistem tubuh mereka harus saling berhubungan dan dipelajari secara keseluruhan.

Definsi Anatomi

Studi tentang struktur organ hidup disebut dengan anatomi, ini mempelajari berbagai organ. Kata anatomi dari dua kata Yunani ana dan temnein. Ana memberi arti pemisahan dan temnein berarti “memotong”, meskipun terdiri dari studi tentang organ internal dengan sel dianggap sebagai unit dasar dari semua organisme hidup.

Sel dapat membuat jaringan, jadi untuk dapat mempelajari anatomi studi rinci jaringan juga diperlukan. Hal ini disebut histologi, studi anatomi memiliki tiga cabang, anatomi manusia, anatomi tumbuhan dan anatomi hewan. Dengan ditemukannya mikroskop elektron transmisi dan scanning electron microscope, studi anatomi berkembang lebih lanjut “Pandey, 2001”.

Anatomi manusia menilai struktur tubuh manusia, ada dua cara untuk mempelajari anatomi yaitu anatomi sistematis dan anatomi regional. Dalam anatomi sustematis, organ dipelajari secara terpisah dan anatomi regional, organ dipelajari secara keseluruhan. Pada tumbuhan dengan memotong organ bagian tanaman seperti akar, batang, daun, bunga, dipelajari.

Definsi Fisiologi

Tujuan dari fisiologi ialah untuk mempelajari dan memahami bagaimana organisme hidup-hidup dan menjaga mereka hidup. Studi tentang fisiologi melibatkan pemahaman tentang proses kerja organisme hidup. fisiologi terdiri dari empat aspek, yakni metabolisme, perkembangan, reproduksi dan iritabilitas “stiles dan cocking 1969”. Keempat aspek tersebut terkait satu sama lain.

Untuk pemahaman yang lebih baik tentang fisiologi organisme tertentu, pengetahuan tentang morfologi organisme dan struktur organisme harus diperoleh. Namun pengetahuan tentang struktur dari suatu organisme tidak cukup untuk studi fisiologi. informasi biokimia dan biofisika dari organisme hidup akan membuatnya lebih luas. Ada berbagai cabang fisiologi yaitu sel, patologi, fisiologi sistemik dan fisiologi organ khusus.

Perbedaan Antara Anatomi Dan Fisiologi

Adapun beberapa perbedaan yang diantaranya yaitu:

  • Studi tentang struktur organ hidup disebut anatomi sementara fisiologi ialah studi tentang memahami bagaimana organisme hidup tetap hidup dan menjaga mereka hidup.
  • Anatomi mempelajari struktur jaringan dan sel yang merupakan unit dasar dari organisme hidup, sedangkan fisiologi mempelajari fungsi organisme hidup dan sel sebagai struktur dasar dari organisme hidup.
  • Anatomi mempelajari organ tubuh dari suatu organisme, sebagai contoh: pada sebuah tumbuhan, mempelajari akar, batang, daun dan bunga. Tapi fisiologi mempelajari metabolisme, perkembangan, reproduksi dan iritabilitas.
  • Anatomi dianggap sebagai studi statis, sedangkan fisiologi merupakan studi yang lebih dinamis, yang berisi bahan kimia, fisik, proses listrik.
  • Fisiologi selalu menawarkan dengan jaringan hidup atau sel-sel hidup sementara anatomi tidak dapat mempertimbangkan sampel hidup. Beberapa kali memotong bagian untuk anatomi dapat merusak jaringan hidup.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Perbedaan Antara Anatomi Dan Fisiologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to Penjelasan Perbedaan Antara Anatomi Dan Fisiologi
Shares