Penjelasan Peran Makronutrien Di Dalam Tubuh Lengkap

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Makanan menyediakan energi serta nutrisi untuk dapat mendukung ribuan reaksi yang diperlukan untuk sel-sel, jaringan dan organ untuk tumbuh dan berkembang, Nutrisi ialah senyawa dalam makanan yang membantu mempertahankan proses fisiologi tubuh anda.

Peran Makronutrien Di Dalam Tubuh

Nutrisi dibagi menjadi dua kelas yakni makronutrien “zat gizi makro” dan mikronutrien “zat gizi mikro”, yang berdasarkan berapa banyak nutrisi yang dibutuhkan rubuh anda sehari-hari. Pada dasarnya, semua nutrisi merupakan komponen yang penting dari diet yang sehat.

Definisi Makronutrien

Apa yang dimaksud dengan makronutrien..?? Makronutrien ialah zat gizi “nutrien” yang memberikan energi bagi tubuh yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang besar (makro=besar) untuk bertahan hidup.

Makronutrien yaitu zat gizi yang banyak menyumbang energi bagi tubuh. Dala istilah makronutrien menggambarkan zat kimia yang memberikan kalori untuk energi termasuk karbohidrat, protein dan lemak. Tubuh memerlukan nutrisi-nutrisi tersebut dalam jumlah banyak.

Manusia membutuhkan karbohidrat dalam jumlah terbesar. Untuk saat ini para ahli dari The United States Departement of Agriculture (USDA) merekomendasikan bahwa orang dewasa perlu mendapatkan 45-65% dari asupan kalori harian yang berasal dari karbohidrat.

Untuk protein asupan yang dibutuhkan ialah 10-35% dari kalori harian. Untuk lemak 20-35% dari kalori harus berasal dari lemak. Protein, Karbohidrat dan lemak sangat dibutuhkan oelh tubuh setiap hari baik untuk menunjang aktifitas sehari-hari maupun bagi mereka yang menjalankan program pembentukan tubuh atau diet.

Jenis-Jenis Makronutrien

Ada tiga jenis makronutrien yaitu:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Dan Lemak

Kandungan Energi Makronutrien

Makronutrien merupakan zat gizi “nutrien” yang memberikan energi bagi tubuh yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang cukup besar untuk dapat bertahan hidup. Terdapat tiga jenis makronutrien yakni Karbohidrat, Protein dan Lemak. Yang masing-masing memberikan energi dalam jumlah yang berbeda.

Karbohidrat memberikan energi sekitar 4 kalori per gram. Protein memberikan energi sekitar 4 kalori per gram. Dan sedangkan lemak memberikan energi sekitar 9 kalori per gram. Jadi jika pada suatu kemasaman makanan terdapat kandungan gizi sebagai berikut ini yaitu 10 gram karbohidrat, 0 gram protein, dan 0 gram lemak, maka jumlah kalori dalam makanan tersebut ialah 40 kalori untuk setiap porsinya. Selain memberi energi, makronutrien juga berperan dalam membantu pertumbuhan, membantu metabolisme dan mengatur fungsi-fungsi tubuh.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Peran Makronutrien Di Dalam Tubuh Lengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to Penjelasan Peran Makronutrien Di Dalam Tubuh Lengkap
Shares