Penjelasan Pengaruh APBN Dan APBD Beserta Rangkumannya

Posted on

GuruPendidikan.Com – Anggaran pendapatan dan belanja negara ( APBN ) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perekonomian secara agregat. Hal ini disebabkan setiap perubahan yang terjadi pada variable-variable ekonomi makro akan sangat berpengaruh besaran-besaran pada APBN. Dan sebaliknya setiap yang terjadi perubahan dalam kebijakan APBN ( sebagai percerminan kebijakan fiskal ) yang diambil pemerintah pada gilirannya juga akan memengaruhi aktivitas perekonomian.

pengaruh APBN dan APBD

Pada saat ini kebijakan anggaran negara memiliki peranan yang cukup penting dalam mendorong aktivitas perekonomian, terutama ketika dunia usaha belum sepenuhnya pulih akibat terjadinya krisis ekonomi beberapa tahun yang lalu. Peranan anggaran melalui kebijakan stimulasi fiskal diharapkan akan mampu mempercepat proses pemulihan ekonomi yang tercermin dari peranannya dalam permintaan agregat. Hal ini sejalan dengan teori Keynesian, bahwa stimulasi fiskal melalui “ government expenditure ” baik belanja barang dan jasa meupun belanja investasi atau modal akan dapat membantu menggerakan sektor riil.

Dalam penyusunan APBN dan APBD dapat berdampak pada peningkatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan pendapatan dan penghematan pengeluaran.

Adapun pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian masyarakat antara lain :

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat maksudnya dapat mengetahui besarnya GNP dari tahun ke tahun.
  • Menciptakan kestabilan keuangan atau moneter negara, karena dapat mengatur jumlah uang yang beredar di masyarakat.
  • Menimbulkan investasi masyrakat karena dapat mengembangkan industri-industri dalam negeri.
  • Memperlancar distribusi pendapatan maksudnya dapat mengetahui sumber penerimaan dan penggunaan untuk belanja pegawai dan belanja barang, serta yang lainnya.
  • Memperluas kesempatan kerja, karena terdapat pembangunan proyek-proyek negara dan investasi negara, sehingga dapat membuka lapangan kerja yang baru dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rangkuman APBN Dan APBD

Anggaran Pendapatan Dan Belanjan Negara ( APBN )

Suatu rencana penerimaan dan belanja ( pengeluaran ) pemerintah dalam rangka mencapai sasaran pembangunan dalam kurun waktu satu tahun dan disetujui oleh DPR.

Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah ( APBD )

Suatu rencana penerimaan dan belanja ( pengeluaran ) pemerintah daerah baik provinsi ataupun kabupaten dalam rangka mencapai sasaran pembangunan dalam kurun waktu satu tahun dan disetujui oleh DPRD.

loading...

Fungsi Penyusunan APBN Dan APBD

  • Fungsi Alokasi
    Untuk mengatur alokasi penggunaan dana pembangunan agar penggunannya efektif dan efisien.
  • Fungsi Distribusi
    Untuk disalurkan kepada masyarakat dalam pemberian tunjangan, gaji pegawai dan sebagainya.
  • Fungsi Stabilisasi
    Untuk mengendalikan jalannya perekonomian.

Sumber pendapatan negara berasal dari penerimaan dalam negeri dan penerimaan pembangunan ( utang luar negeri ) sedangkan tujuan pembelanjaan negara terdiri atas pengeluaran rutin dan pengeluaran pembangunan.

Penyusunan APBN dan APBD berdampak positif terhadap kegiatan ekonomi masyarakat di antaranya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Menciptakan kestabilan keuangan, menimbulkan investasi masyarakat, memperlancar ditribusi pendapatan dan dapat memperluas lapangan kerja.

Kebijakan fiskal ialah kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan penerimaan dan pengeluaran negara yang tertuang dalam APBN.

Macam-macam kebijakan fiskal antara lain yaitu :

  • Kemungkinan penciptaan yang baru untuk pembiayaan pembangunan.
  • Kemungkinan untuk pinjaman dengan cara pengeluaran obligasi dan surat berharga.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Pengaruh APBN Dan APBD Beserta Rangkumannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂