Penjelasan Nilai Dan Norma Sosial Menurut Definisi Para Ahli

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Sejak manusia dilahirkan ke dunia sampai hari akhir dari kehidupannya sesungguhnya tidak pernah lepas dari proses belajar yaitu belajar untuk menjadi manusia seutuhnya. Agar menjadi manusia seutuhnya seseorang harus mempelajari dirinya sendiri yang memiliki potensi yang dapat dikembangkan dan memiliki sifat-sifat unik yang membedakan dengan orang lain, mempelajari kehidupan kemasyarakatan lengkap dengan sistem nilai dan sistem norma yang berlaku mempelajari lingkungan secara luas sehingga bisa berperan dan berperilaku secara tepat, dan mempelajari kaidah-kaidah agama yang membimbing hubungannya dengan tuhan yang maha esa.

Proses belajar untuk menjadi manusia seutuhnya tentu merupakan suatu proses yang tidak akan kunjung selesai. Dalam hubungannya dengan kehidupan masyarakat seseorang harus memahami sistem kehidupan masyarakat di mana ia menetap yang meliputi sistem nilai, sistem norma. Adat istiadat dan kebiasaan yang berlaku di dalam kehidupan masyarakat tersebut.

Nilai Sosial

Ada beberapa hal yang berhubungan dengan yang boleh atau yang tidak boleh yang baik atau yang tidak baik, yang tepat atau yang tidak tepat untuk dilakukan sehingga seseorang tersebut dapat menempatkan dirinya secara serasi, selaras dan seimbang dalam kehidupan sosial. Berhasil atau tidaknya seseorang dalam menjalin kehiupan bermasyarakat bergantung kepada proses pembelajaran. Dalam dunia sosiologi proses pembelajaran dikenal dengan istilah sosialisasi.

Secara umum masyarakat Indonesia menempatkan orang yang lebih tua pada posisi yang lebih dihormati sedangkan orang yang lebih muda ditempatkan pada posisi yang lebih disayangi. Itulah sebabnya dalam penggunaan bahasa misalnya masyarakat sunda, jawa, Madura, bali dan bahkan suku-suku lain di Indonesia memiliki tingkatan-tingkatan bahasa tertentu sebagai wujud dari rasa hormat dan rasa saynag dalam kehidupan sosial.

Ini berarti terdapat nilai-nilai dan norma-norma yang dianggap sebagai prinsip dalam peri kehidupan bermasyarakat. Nilai dan norma tersebut mengandung sesuatu yang dianggap baik, benar, berharga dan sekaligus dijadikan patokan dasar dalam melakukan interaksi sosial.

Definisi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi tentang nilai sosial yang diberikan oleh ahli-ahli sosiologi sebagi berikut :

Menurut Woods

Ia berpendapat bahwa nilai sosial merupakan petunjuk-petunjuk umum yang telah berlangsung lama yang mengarahkan tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Kimball Young

Ia berpendapat bahwa nilai sosial merupakan asumsi-asumsi abstrak mengenai apa yang benar dan yang penting.

Menurut M. Z. Lawang

Ia berpendapat bahwa nilai sosial merupakan gambaran mengenai apa yang di inginkan yang pantas, yang berharga dan yang mempengaruhi perilaku sosial.

Berdasarkan dari beberapa definisi di atas, nilai sosial merupakan standar normtif bagi manusia dalam perilaku sosial. Nilai sosial merupakan sikap dan perasaan yang diterima oleh masyarakat sebagai dasar untuk merumuskan apa yang dianggap benar dan penting. Nilai sosial sangat besar peranannya dalam membentuk pandangan hidup. Perwujudan nilai-nilai sosial dalam peri kehidupan juga akan membentuk identitas budaya suatu masyarakat tertentu yang membedakan dengan budaya masyarakat yang lain.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Nilai Dan Norma Sosial Menurut Definisi Para Ahli semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Most popular articles related to Penjelasan Nilai Dan Norma Sosial Menurut Definisi Para Ahli
Shares