Penjelasan Macam-Macam Stratifikasi Sosial Beserta Bentuknya

Posted on

GuruPendidikan.Com – Stratifikasi sosial merupakan pembedaan masyarakat dari yang paling tinggi hingga yang paling terendah. Berikut ini macam-macam serta bentuk dari stratifikasi sosial.

Bentuk Stratifikasi Sosial

Macam-Macam Stratifikasi Sosial

Macam-Macam Stratifikasi Sosial Berdasarkan Cara Pemerolehannya

Stratifikasi sosial didasarkan pada status sosial yang diperoleh oleh seseorang dalam suatu kelompok masyarakat. Berdasarkan cara pemerolehannya stratifikasi sosial dibagi menjadi dua yaitu :

Diperoleh Secara Alami
  • Stratifikasi Berdasarkan Perbedaan Usia
    Umumnya anggota masyarakat yang berusia lebih muda mempunyai hak dan kewajiban yang berbeda dengan anggota masyarakat yang lebih tua.
  • Stratifikasi Sosial Berdasarkan Senioritas
    Senioritas menyangkut usia dan jenjang pengalaman akan sesuatu hal. Asas senioritas tampak sekali dalam dunia kerja misalnya dalam hal kenaikan pengkat atau golongan.
  • Stratifikasi Berdasarkan Jenis Kelamin
    Perbedaan status berdasarkan jenid kelamin ini biasanya sangat dipengerahui oleh tradisi dan ajaran mengenai harkat dan martabat pria dan wanita dalam pergaulan sehari-hari.
  • Stratifikasi Berdasarkan Sistem Kekerabatan
    Pada umumnya dalam suatu sistem kekerabatan terdapat perbedaan antara hak dan kewajiban antar anggotanya.
  • Stratifikasi Berdasarkan Keanggotaan Dalam Kelompok Tertentu
    Stratifikasi ini terjadi dalam kelompok etnik dan ras tertentu yang berbeda-beda hak dan kewajibannya.
Diperoleh Melalui Serangkaian Usaha
  • Stratifikasi Sosial Dalam Pendidikan
    Orang-orang yang mampu menyelesaikan pendidikan formal sampai pada jenjang yang lebih tinggi, umumnya memperoleh hak dan kewajiban yang lebih beragam sehingga status sosial yang diperolehnya akan lebih beragam.
  • Stratifikasi Dalam Bidang Pekerjaan
    Stratifikasi ini sangat tampak pada instansi organisasi yang dikelola secara modern, dimana terdapat kedudukan yang berbeda-beda untuk pekerjaan sejenis.
  • Stratifikasi Dalam Bidang Ekonomi
    Stratifikasi ini sangat menonjol hampir di setiap kelompok masyarakat umum dimanapun. Pembedaan kelas sosial berdasarkan pada penghasilan dan kekayaan material.

Macam-Macam Stratifikasi Sosial Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya stratifikasi sosial dibagai menjadi sebagai berikut :

  • Stratifikasi Sosial Terbuka
    Didalam stratifikasi sosial terbuka kela-kelas sosial tidak tertutup artinya seseorang dapat saja masuk ke dalam kelas sosial tertentu yang diinginkan ataupun keluar setelah mencapai kelas sosial yang lebih tinggi. Seseorang dapat pula dikeluarkan apabila tidak sanggup melaksanakan hak-hak dan kewajiban yang sesuai kelas sosialnya.
  • Stratifikasi Sosial Tertutup
    Pada sistem stratifikasi ini terdapat pembatasan terhadap kemungkinan pindahnya kedudukan seseorang dari suatu lapisan ke lapisan sosial lainnya. Satu-satunya cara agar berada dalam suatu lapisan tertentu ialah melalui kelahiran.

Bentuk-Bentuk Stratifikasi Sosial

Bentuk-bentuk sederhana stratifikasi sosial hampir terdapat di semua masyarakat. Ada beberapa bentuk stratifikasi sosial dalam masyarakt baik sekarang maupun dahulu yaitu :

  • Sistem Kasta
    Menurut Lumberg, kasta ialah suatu kategori yang dimana pada anggotanya ditunjuk dan ditetapkan status yang permanen dalam hierarki sosial serta hubungan-hubungannya dibatasi sesuai dengan statusnya. Bentuk stratifikasi ini umumnya terkait dengan ajaran agama hindu.
  • Sistem Kelas Sosial
    Menurut Wood kelas sosial terdiri atas sejumlah orang yang mempunyai status sosial yang sama dan biasanya didapat sejak lahir atau bisa juga didapat dengan usaha-usaha. Status dalam sistem kelas dapat diperoleh dengan memanfaatkan kepiawaian seseorang.
  • Sistem Feodal
    Dalam sistem ini stratifikasi didasarkan pada empat tingkatan dalam masyarakat yang disebut estate. Seluruh penduduk bersumpah untuk mengabdi pada raja yang kekuasaannya dipercaya merupakan pemberian dari Tuhan.
  • Sistem Apartheid
    Sistem stratifikasi ini pernah diterapkan di Afrika Selatan, latar belakang etnik digunakan sebagai dasar untuk menentukan stratifikasi masyarakat. Sistem apartheid mengklasifikasikan orang berdasarkan tiga kelompok ras besar yaitu kulit putih, kulit hitam dan kulit berwarna.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Macam-Macam Stratifikasi Sosial Beserta Bentuknya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂