Penjelasan Lumut Kerak Beserta Manfaat Dan Contohnya

Posted on

GuruPendidikan.Com – Lumut kerak atau lichens ini merupakan simbiosis antara jamur dan ganggang. Jamur yang bersimbiosis disebut mikobion, biasanya dari jenis Ascomycota sedangkan ganggang yang bersimbiosis disebut fikobion biasanya dari jenis Cyanobacteria dan Chlorophyta.

Pada saat ini dikenal sekitar 18.000 jenis lumut kerak yang tersebar luas di berbagai habitat seperti kulit pohon, kayu yang membusuk, bebatuan dan diatas tanah yang memiliki ketahanan terhadap keadaan panas, dingin dan kekeringan.

Lumut Kerak

Berdasarkan dari bentuknya lumut kerak ini dapat dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu :

  • Krustos ( seperti kerak ).
  • Folios ( seperti daun ).
  • Dan Fruktikos ( seperti semak ).

Untuk ukuran lumut kerak ini beraneka ragam dari bentuk yang sangat kecil hingga yang panjangnya mencapai beberapa meter.

Talus lumut kerak sebagian besar terdiri dari hifa jamur yang berjalin rapat, yang menyerupai spons yang dapat menyerap air. Terdapat rizoid yang berfungsi sebagai pelekat pada permukaan substrat dan menyerap air dan garam-garam mineral. Ganggang memperoleh air dan garam-garam mineral dari jamur yang digunakan untuk fotosintesis yang sebagian hasilnya diberikan kepada jamur.

Jamur mikobion berkembang biak dengan askospora yang terbentuk pada apotesium. Spora yang dihasilkan akan tumbuh membentuk hifa. Apabila hifa ini menemukan ganggang yang sesuai maka akan tumbuh membentuk talus yang baru.

loading...

Untuk perkembangbiakan lumut kerak yang lebih sering dijumpai ialah perkembangbiakan secara vegetative dengan fragmentasi atau dengan soredium. Soredium terdiri dari satu atau beberapa ganggang yang terbungkus oleh hifa jamur. Talus yang patah maupun soredium dapat terbawa angin atau air ke tempat lain dan tumbuh membentuk lumut kerak yang baru.

Lumut kerak berperan penting dalam suksesi karena kemampuannya tumbuh pada tempat yang tidak memungkinkan bagi tumbuhan untuk hidup. Lumut kerak dapat hidup pada bebatuan yang secara perlahan menghancurkan sehingga membentuk lapisan-lapisan tanah, lumut kerak Cladonia yang menutupi wilayah yang luas di daerah kutub utara menjadi makanan bagi ternak dan hewan liar yang hidup di sana.

Manfaat Lumut Kerak

Selain itu lumut kerak banyak digunakan sebagai bahan obat, digunakan dalam industri kimia, parfum dalam proses pewarnaan dan penyamakan serta digunakan sebagai indikator tingkat polusi di sekitar daerah yang ditempatinya.

Contoh Lumut Kerak

  • Parmelia
    Hidup pada kulit kayu, tanah, tembok dan batu.
  • Graphis
    Hidup pada cabang atau batang pohon.
  • Usnea ( Lumut Janggut )
    Pada batang-batang pohon dipegunungan dan dapat digunakan untuk jamu.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Lumut Kerak Beserta Manfaat Dan Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat manambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂