Penjelasan Lapisan Tulang Serta Fungsinya

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Tulang atau kerangka merupakanpenopang tubuh vertebrata, tanpa tulang pastinya tubuh kita tidak dapat tegak berdiri. Tulang mulai terbentuk sejak bayi dalam kandungan, berlangsung terus sampai dekade kedua dalam susunan yang teratur.

lapisan tulang dan fungsinya

Tulang terdiri atas lapisan-lapisan yang apabila disebutkan dari arah luar ke arah dalam yaitu peristoneum, tulang kompak, tulang spons, endosteum dan sumsum tulang.

Peristoneum

Merupakan lapisan terluar tulang yang terdiri atas dua lembar jaringan ikat. Lembaran luar berupa jaringan ikat fibrosa rapat, sedangkan lembaran dalam berupa jaringan ikat fibrosa rapat, sedangkan lembaran dalam berupa satu lapis osteoblas (sel pembentuk jaringan tukang) yang bersifat osteogenik (membentuk tulang). Peristoneum mengandung pembuluh darah serat sharpey (serat jaringan ikat untuk mengikatkan peristoneum ke tulang). Peristoneum berfungsi sebagai tempat melekatnya otot-otot rangka, memberikan nutrisi untuk pertumbuhan tulang dan perbaikan jaringan tulang yang rusak.

Tulang Kompak (Compact bone)

Merupakan jaringan lapisan yang teksturnya halus padat, sedikit berongga dan sangat kuat. Tulang kompak mengandung banyak zat kapur kalsium fosfat dan kalsium karbonat yang sehingga menjadi padat dan kuat. Namun, tulang kompak pada bayi dan anak-anak banyak mengandung serat sehingga bersifat lentur. Tulang kompak banyak di temukan pada tulang kaki dan tulang tangan.

Tulang Spons (Spongy bone)

Merupakan lapisan yang teksturnya berongga dan berisi sumsum merah. Tulang spons tersusun oleh trabekula-trabekula berupa kisi-kisi tipis tulang.

Endosteum

Merupakan jaringan ikat areolar vaskuler yang melapisi rongga sumsum.

Sumsum Tulang

Merupakan lapisan yang paling dalam yang berbentuk jeli, yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah merah, darah putih dan keping darah.

Pada tulang panjang terdapat sebuah bagian yang disebut dengan diafisis (batang) efipisis (ujung tulang yang membesar). Diafisis tersusun dari tulang kompak berbentuk silinder tebal yang berisi sumsum. Epifisis tersusun dari tulang kompak berbentuk silinder tebal yang berisi sumsum.

Epifisis tersusun dari tulang spons yang diselubungi oleh tulang kompak dan di lapisi tulang rawan persendian (hialin), cairan sinovial dari rongga persendian. Diantara epifisis dan diafisis terdapat metafisis. Yang diantara metafisis dan epifisis terdapat cakram epifisis, cakram epifisis merupakan bagian tulang yang memiliki kemampuan untuk tumbuh.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Lapisan Tulang Serta Fungsinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to Penjelasan Lapisan Tulang Serta Fungsinya
Shares