Penjelasan Kritik Beserta Contohnya

Posted on

GuruPendidikan.Com – Kritik merupakan celaan atau kecaman atau suatu keadaan perilaku atau yang kita anggap menyimpang dan tidak benar. Misalnya kondisi jalan yang selalu macet. Oleh karena itu kita mengkritiknya sebagai kecaman atas ketidak disiplinan para pengguna jalan. Kritik dapat pula bermakna tanggapan atau pertimbangan atas baik atau buruknya suatu karya. Cotohnya seperti puisi, cerpen atau pementasan drama. Kritik jenis ini biasanya disertai dengan analisis dan kesimpulan.

Cara Menyampaikan Kritik Yang Berkualitas

Dalam mengkritik sesuatu perlunya mengetahui cara-caranya agar kritik tersebut berkualitas tidak semata-mata karna kebencian dan tidak melenceng dari pembahasan, untuk mengetahui cara-cara mengkritik yang berkualitas baik dan sopan mari kita lihat ulasan seperti berikut ini.

Cara Mengkritik Yang Berkualiatas

  • Kritik disampaikan untuk memperbaiki pendapat atau perilaku seseorang dan bukan didasarkan atas kebencian terhadap orangnya.
  • Sertakan alasan dan bukti-bukti yang kuat serta menyakinkan sehingga orang itu menyadari kesalahannya.
  • Berbicaralah dengan efektif, inti permasalahan harus bisa ditangkap dengan mudah oleh orang yang kita kritik.
  • Pilihlah kata-kata yang tidak menyinggung perasaan, jadi carilah kata-kata yang sopan dan bijaksana tetapi tetap tidak mengurangi ensensi kritiknya.

Contoh Tanggapan Kritik

Contoh tanggapan kritik dengan menggunakan cara-cara yang benar. Masalah kemacetan di kota Jakarta memang sudah berlangsung lama, akan tetapi upaya pemerintah untuk mengatasinya kiranya tidak ada. Buktinya dari hari ke hari tetap saja keadaannya demikian. Padahal kalau pemerintah benar-benar mempunyai kepedulian, masalah tersebut dapat diatasi dengan bercermin pada pengalaman di negara lain yang telah berhasil mengatasi masalah yang serupa.

Bukti Dari Contoh Tanggapan Kritik

Untuk bukti dari contoh tanggapan kritik dapat menggunakan cara-cara yang benar yaitu :

  • Masalah Yang Dikritik
    Ketidak pedulian pemerintah ialah mengatasi kemacetan lalu lintas.
  • Alasan
    Masalah kemacetan sudah berlangsung lama, tetapi tidak ada upaya pemerintah untuk mengatasinya.
  • Solusi
    Pemerintah harus mempunyai kepedulian dengan bercermin pada pengalaman di negara lain.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Kritik Beserta Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂