Penjelasan Kontraksi Isometrik Serta Manfaat Dan Kegunaannya

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Sambil melakukan latihan serta kegiatan sehari-hari, otot-otot tubuh kita akan melaksanakan berbagai gerakan.

Kontraksi Isometrik

Otot-otot berperilaku berbeda tergantung pada stres atau relaksasi dan dapat memperpanjang, memperpendek atau bahkan tinggal di posisi yang sama tergantung pada tekanan yang diberikan.

Kontraksi berarti otot-otot memendek ketika gaya yang diberikan. Otot dapat bertahan empat jenis kontraksi, konsentris, eksentrik, isometrik, isotonik. Otot-otot ini dikategorikan tergantung pada respon mereka ketika gaya yang diberikan.

Manfaat Dari Kontraksi Isometrik

Lalu manfaat dari kontraksi isomterik?? Latihan kontraksi isometrik sangat bermanfaat dalam meningkatkan fleksibilitas dan juga kekuatan tubuh. Latihan isometrik dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan menargetkan daerah otot tertentu atau kelompok otot dengan menahan mereka dalam pose tertentu untuk jangka waktu tertentu. Hal ini meningkatkan daya tahan otot-otot dan membuat mereka lebih fleksibel untuk tekanan dan rangsangan.

Kegunaan Dari Kontraksi Isometrik

Latihan kontraksi isomterik terutama digunakan dalam yoga dan seni bela diri. Dalam kedua bentuk latihan dan pelatihan tubuh, memegang otot dalam pose tertentu ialah cara yang aman dan sangat efektif untuk mencapai keseimbangan serta fleksibilitas.

Latihan kekuatan dapat membuat isomterik menghasilkan lebih banyak stabilisasi dan juga leningkatkan kemampuan daya tahan anda. Misalnya saat anda memegang sebuah benda di atas kepala anda, lengan dan otot punggung terlibat dalam kontraksi isometrik dan jika anda perlahan-lahan meningkatkan waktu, kemampuan mereka untuk memegang objek untuk waktu yang lebih lama akan meningkat.

Tindakan Pencegahan Untuk Mengikuti Latihan Kontraksi Isometrik

Sebelum akan memilih untuk latihan isometrik, pelatih harus menargetkan pada berbagai otot dan tidak pernah berkonsentrasi pada beberapa poses selektif sehingga fleksibilitas keseluruhan otot dicapai. Isometrik harus campuran bergerak atau latihan yang dinamis sehingga keseluruhan otot dicapai. Isometrik harus campuran bergerak atau latihan yang dinamis sehingga sendi dan otot keduanya sepenuhnya diaktifkan. Prinsip-prinsip dasar latihan seperti pemanasan, mulai perlahan dan lain-lain harus diikuti disini juga.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Kontraksi Isometrik Serta Manfaat Dan Kegunaannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to Penjelasan Kontraksi Isometrik Serta Manfaat Dan Kegunaannya
Shares