Penjelasan Kelangkaan ( Scarity ) Dalam Ilmu Ekonomi

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Untuk kata kelangkaan tidak harus selalu berarti bahwa barang atau jasa mutlak dalam jumlah yang terbilang sedikit. Kelangkaan bisa di artikan sebagai berikut :

  • Barang ataupun jasa yang tersedia tidak dapat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dari seluruh anggota masyarakat.
  • Dan untuk memperoleh barang ataupun jasa tersebut diperlukan suatu pengorbanan.

Kelangkaan ( Scarity ) dalam Ilmu Ekonomi merupakan suatu pengertian yang relatif. Kelangkaan merupakan situasi atau suatu keadaan yang dimana jumlah sumber daya yang ada dirasakan kurang atau tidak cukup untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia. Keterbatasan dalam sumber daya, menyebabkan manusia perlu mencari cara yang terbaik untuk mengelola sumber daya tersebut.

Kelangkaan Dalam Ekonomi

Dalam pengelolaan sumber daya perlu dilakukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia yang tidak terbatas. Mencari suatu cara yang terbaik dalam mengelola semua sumber daya yang dimiliki berarti manusia harus memilih yang terbaik dari berbagai alternative yang ada.

Untuk menghasilkan berbagai barang dan jasa, diperlukan sumber daya. Sumber daya tersebut yaitu :

  • Sumber daya alam
  • Sumber daya manusia
  • Dan Sumber daya modal atau capital

Dari masing-masing sumber daya tersebut dapat dijelaskan berikut ini.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang disediakan secara Cuma-Cuma oleh alam, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Jumlah sumber daya alam yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia yang sangat banyak yaitu :

  • Tanah bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, keperluan tersebut antara lain untuk lahan pertanian, tempat mengembala ternak dan berkebun. Tanah juga diperlukan sebagai tempat untuk mendirikan pabrik, toko, restoran dan tempat tinggal. Tanah juga diperlukan untuk membangun sarana transportasi antara lain jalan dan jembatan dan tanah juga dapat dibuat menjadi suatu taman hiburan yang indah.
  • Barang tambang atau mineral yaitu kekayaan alam yang terdapat di bumi.
  • Air seperti air laut, air sungai dan air danau diperlukan untuk makhluk hidup dan air juga dapat digunakan untuk pembangkit tenaga listrik dan tempat rekreasi.
  • Hutan dan segala isinya yang berperan besar untuk kelestarian hidup manusia.
  • Udara dan sinar matahari yang matahari yang memiliki arti penting bagi manusia.

Sumber Daya Manusia ( SDM )

Merupakan salah satu faktor yang sangat penting bahakan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak untuk mencapai tujuan organisasi itu.

Dewasa ini perkembangan terbaru memandang karyawan bukan sebagai sumber daya belaka melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Secara garis besar pengertian Sumber Daya Manusia ialah individu yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi baik institusi maupun perusahaan dan berfungsi sebagai aset yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

Sumber Daya Modal

Sumber daya modal diperlukan untuk menghasilkan berbagai macam barang dan jasa secara cepat dan efisien. Terbatasnya dari sumber daya yang dimiliki merupakan sumber masalah munculnya kelangkaan yang dihadapi oleh manusia. Sumber daya yang tersedia dan yang bisa digunakan untuk penggunaan secara alternative membuat manusia dihadapkan pada berbagai jenis pilihan. Untuk menentukan suatu pilihan manusia dapat menggunakan alternative sebagai berikut :

  • Biaya Alternatif Atau Opportunity Cost
    Biaya alternative atau opportunity cost yautu hilangnya manfaat yang akan diperoleh dari dikorbankannya penggunaan sumber daya untuk alternatif yang terbaik.
  • Opportunity Cost Dalam Kegiatan Ekonomi
    Kegiatan produksi dapat berlangsung jika tersedia faktor produksi, namun produsen menghadapi sutu keterbatasan jumlah faktor produksi yang dimiliki. Meskipun mengalami keterbatasan faktor produksi tetap dapat digunakan secara alternatif.Dengan kondisi yang demikian produsen harus membuat pilihan dalam penggunaannya. Pada saat produsen telah memilih suatu alternatif dengan sendirinya laternatif lainnya tidak mungkin dipilih. Dipilihnya suatu alternative tertentu dengan sendirinya menimbulkan Opportunity cost berupa manfaat yang hilang yang disebabkan oleh alternative lain batal untuk dipilih.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Kelangkaan ( Scarity ) Dalam Ilmu Ekonomi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Most popular articles related to Penjelasan Kelangkaan ( Scarity ) Dalam Ilmu Ekonomi
Shares