Penjelasan, Kegunaan NPWP Beserta Manfaatnya

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Bagi warga negara di Indonesia yang penghasilannya dalam setahun sudah melebihi PKP ( Penghasilan Kena Pajak ) ialah Rp 24.300.000 dalam masa satu tahun atau penghasilan yang perbulannya Rp 2.025.000 dan Rp 67.500 dalam per harinya, maka dia harus untuk membayar pajak ( meskipun ada ketentuan-ketentuan mengenai PTKP ( Penghasilan Tidak Kena Pajak dan Dapat Berubah Sewaktu-waktu ).

Terlepas dari itu semua, mengapa kita harus mebayar pajak ??? kenapa kita perlu untuk membuat NPWP ??? sebenarnya apa yang dimaksud dengan NPWP ??? kemudian apa sesungguhnya yang dimaksud dengan wajib pajak itu sendiri ?? walaupun dengan realita yang ada mengenai penggelapan pajak yang suadah terjadi. Hal tersebutlah yang membuat masyarakat sungkan untuk melaksanakan membayar pajak, karna sudah hilangnya ras kepercayaan kepada pemerintah-pemerintah yang berkecibung didalamnya.

Seharusnya masayrakat harus percaya dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah, dengan apa yang menjadi program pemerintah, dengan demikian maka negara ininakan maju, karna asumsi masyrakat akan kepercayaan yang tinggi kepada pemerintahan menjadi langkah awal majunya perekonomian suatu negara. Bagaimana akan maju apabila masyarakatnya tidak pernah akur dengan pemerintah, sapa yang akan dipimpin dan sapa yang memimpin.

Yang perlu digaris bawahi ialah seorang pemimpin yang jujur, tegas tidak hanya bicara saja dibuktikan dengan program kerja yang berjalan sehingga hasilnya akan dinikmati oleh kalangan menengah kee bawah dan menengah keatas secara langsung, inilah pemimpin yang berjiwa tanggung jawab, maka dengan sendirinya kepercayaan masyarakat pun akan tumbuh kembali.

Kegunaan Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP )

Nomor yang diberikan kepada wajib pajak yang merupakan sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dioergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpejakannya.

Pengertian wajib oajak ( WP ) ialah orang pribadi atau badan meliputi pembayaran pajak, pemotong pajak dan pemungutan pajak yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan perpajakan.

Persyaratan Memiliki NPWP

Hanya denga cara mengisi formulir pendaftaran dan menunjukkan kartu tanda penduduk ( KTP ) atau paspor bagi orang asing ( khusu WP Orang Pribadi ) maka anda sidah dapat membuat NPWP. Untuk pembuatan NPWP dan semua pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak tanpa dipungut biaya atau gratis.

Manfaat Memiliki NPWP Bagi WP

Kemudahan Pengurusan Administrasi, Dalam :

  • Pengajuan kredit Bank
  • Pembuatan rekening koran Bank
  • Pengajuan SIUP/TDP
  • Pembayaran pajak final ( PPh Final, PPN dan BPHTB, dll )
  • Pembuatan paspor
  • Mengikuti lelang di instansi pemerintaah BUMN dan BUMD

Kemudahan Pelayanan Perpajakan

  • Pengambilan pajak
  • Pengurangan pembayaran pajak
  • Penyetoran dan pelaporan pajak

Manfaat pembuatan NPWP bagi negara yaitu memudahkan negara untuk dapat mengetahui berapa rata-rata penghasilan masyarakat. Lebih mudah mengetahui siapa saja yang sudah membayar pajak. Lebih mudah memberikan sangsi bagi yang belum membayar pajak. NPWP dapat dihapuskan, hanya jika wajib pajak tersebut sudah tidak memenuhi persaratan subjektif dan objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan perpajakan.

Misalnya wajib pajak meninggal dunia dan tidak meninggalkan warisan atau meninggalkan warisan tetapi sudah terbagi habis kepada ahli warisnya. Contoh yang lainnya yaitu wajib pajak tidak lagi memperoleh penghasilan atau memperoleh penghasilan tetapi dibawah PTKP.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan, Kegunaan NPWP Beserta Manfaatnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Most popular articles related to Penjelasan, Kegunaan NPWP Beserta Manfaatnya
Shares