Penjelasan Karakteristik Konsumen Dalam Ekonomi

samhis setiawan

Penjelasan Karakteristik Konsumen Dalam Ekonomi

GuruPendidikan.Com – Konsumen merupakan setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup yang lain dan tidak untuk diperdagangkan. Apabila tujuan pembelian produk tersebut untuk dijual kembali, maka di sebut dengan pengecer atau distributor.

Penjelasan Karakteristik Konsumen Dalam Ekonomi

Perilaku Konsumen

Apabila dilihat dari perilaku konsumen dalam mengonsumsi suatu barang dibedakan menjadi dua macam yaitu perilaku konsumen rasional dan perilaku konsumen irasional, untuk lebih jelasnya dari masing-masing berikut ini.

Perilaku Konsumen Rasional

Suatu konsumsi dapat dikatakan rasional apabila memerhatikan hal-hal berikut:

  • Barang tersebut dapat memberikan kegunaan optimal bagi konsumen.
  • Barang tersebut benar-benar diperlakukan konsumen.
  • Mutu barang terjamin.
  • Harga sesuai dengan kemampuan konsumen.

Perilaku Konsumen Irasional

Suatu perilaku dalam mengonsumsi dapat dikatakan tidak rasional apabila konsumen tersebut membeli barang tanpa dipikirkan kegunaannya terlebih dahulu, misalnya yaitu:

  • Tertarik dengan promosi atau iklan baik dimedia cetak maupun elektronik.
  • Memiliki merek yang sudah dikenal banyak konsumen.
  • Ada bursa obral atau bonus-bonus dan bajir diskon.
  • Prestise atau gengsi.

Karateristik Konsumen

Karakteristik konsumen merupakan ciri individu yang berperan sebagai pembentukan sikap dan merupakan petujuk penting mengenai nilai-nilai yang dianut oleh seorang konsumen. Sikap dalam menentukan pilihan produk dipengaruhi oleh karakteristik konsumen. Adapun karakteristik yang mempengaruhi sikap konsumen ialah:

Kepribadian

Kepribadian merupakan pola perilaku yang konsisten dan bertahan lama dengan memahami karakteristik kepribadian tersebut dapat diketahui perilaku konsumen yang bersifat permanen guna menjadikan dasar untuk memposisikan produk dipasar.

Gaya Hidup

Gaya hidup didefinisikan sebagai cara hidup yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka, apa yang mereka anggap penting dalam lingkungannya dan apa yang mereka fikirkan tentang diri mereka sendiri dan juga dunia sekitarnya “sutisna, 2001:145”.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Karakteristik Konsumen Dalam Ekonomi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Most popular articles related to Penjelasan Karakteristik Konsumen Dalam Ekonomi
Shares