Penjelasan Hormon Beserta Fungsi Dan Faktor Regulasi

Posted on

GuruPendidikan.Com – Secara umum hormon merupakan zat kimia yang dihasilkan oleh organ tubuh tertentu dari kelenjar endokrin yang berguna memacu fungsi organ tubuh tertentu. Dalam istilah hormon berasal dari bahasa Yunani yaitu hormein yang berarti memacu atau hormao berarti menggairahkan atau membangkitkan. Semua organisme yang bersifat multiseluler termasuk manusia, hewan maupun tumbuhan memproduksi hormon. Hormon memiliki peranan dalam mengendalikan proses pertumbuhan, reproduksi, metabolism, kekebalan dan pola dari hidup manusia.

Penjelasan Hormon Beserta Fungsi
Hormon ini diproduksi oleh kelenjar endokrin yang ada didalam tubuh. Macam-macam kelenjear endokrin merupakan kelenjar hipotalamus, kelenjar tiroid, kelenjar pankreas, kelenjar ovarium, kelenjar pencernaan, kelenjar hipofisis, kelenjar timus, kelenjar adrenal. Hormon tidak mempunyai saluran sehingga pada sekresinya masuk pada aliran darah dengan mengikuti peredaran darah keseluruh tubuh, apabila hingga ke organ tertentu, hormon akan merangsang terjadinya suatu perubahan. Dalam perubahan tersebut biasanya terjadi pada waktu yang panjang seperti pertumbuhan dan pemasakan seksual, namun ada juga hormon yang memiliki waktu yang relative pendek seperti kejadian menakutkan.

Fungsi Hormon

Hormon sangat bermanfaat karena dari fungsi yang dilakukan hormon pada organ tertentu, fungsi hormon ialah sebagai berikut :

  • Dapat mempengaruhi dalam metabolisme glukosa, protein dan lemak pada seluruh tubuh
  • Mengendalikan tekanan darah
  • Merangsang dalam pembentukan sel darah merah
  • Mengendalikan dalam perkembangan ciri seksual dan sistem reproduksi
  • Mengendalikan pembentukan dan pelepasan hormone oleh korteks adrenal
  • Merangsang pembentukan dan pelepasan dari kelenjar tiroid
  • Mempertahankan homeostasis ( keseimbangan keadaan tubuh dengan lingkungan sekitarnya )

Faktor Regulasi

Faktor regulasi merupakan senyawa kimia yang mengontrol produksi sejumlah hormon yang memiliki fungsi penting bagi tubuh. Senyawa tersebut dikirim ke lobus anterior kelenjar pituitary oleh hipotalamus. Terdapat 2 faktor regulasi yakni faktor pelepas ( releasing factor ) yang menyebabkan kelenjar pituitary mensekresikan hormone tertentu dan faktor penghambat ( inhibiting factor ) yang dapat menghentikan sekresi hormone tersebut. Sebagai contoh ialah FSHRF ( Faktor pelepas FSH ) dan LHRF ( Faktor pelepas LH ) yang menyebabkan dilepaskannya hormone FSH dan LH.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Hormon Beserta Fungsi Dan Faktor Regulasi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂