Penjelasan Globalisasi Di Bidang Ekonomi Beserta Dampak Positif Dan Negatifnya

Posted on

GuruPendidikan.Com – Globalisasi merupakan salah satu proses dalam perubahan tatanan masyarakat yang lebih modern, dengan komunikasi yang lebih mudah dan sangat cepat tanpa mempedulikan batas-batas wilayah. Dalam Globalisasi di bidang perekonomian merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan dimana seluruh dunia menjadi satu kesatuan pasar tanpa rintangan batas territorial negara. Dalam hal ini keterkaitan antara ekonomi nasional dan perekonomian internasional hubungannya semakin erat.

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Di Bidang Ekonomi

Dalam perkembangan ekonomi yang terjadi mengarah kea rah pembentukan sebuah sistem yang dimana proses penyatuan aktifitas ekonomi lokal nasional kedalam suatu sistem ekonomi global internasional. Globalisasi memiliki dampak positif dan juga negatif, nah untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Dampak Positif Dibidang Ekonomi

Dalam dampak ini terbukanya pasar internasional, kesempatan dalam kerja lebih terbuka dan devisa negara pun meningkat. Dengan begitu maka dapat meningkatkan perekonomian bangsa sehingga akan memajukan dan meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara, berikut ini dampak positif globalisasi dibidang ekonomi yaitu :

  • Pasar yang sangat terbuka untuk produk-produk ekspor ( dengan catatan produk ekspor Indonesia dapat bersaing di pasat internasional ), dengan demikian kesempatan penguasa Indonesia sangat terbuka dalam menciptakan produk yang berkualitas yang dibutuhkan oleh pasar dunia.
  • Mudah untuk mengakses modal investasi yang berasal dari luar negeri.
  • Mudah mendapatkan barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum diproduksi di Indonesia.
  • Kegiatan paristiwa akan meningkat sehingga mampu membuka lapangan kerja dan juga menjadi ajang sebuah promosi produk-produk Indonesia.

Dampak Negatif Dibidang Ekonomi

Dalam hal ini terhapusnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyak produk luar negeri yang beredar di Indonesia. Dampak negatif terhadap generasi bangsa yaitu gaya hidup yang cenderung meniru budaya barat. Dampak negative globalisasi ini juga menyebabkan kesenjangan social antara si kaya dengan si miskin karena adanya persaingan bebas.

Hal ini yang dapat menimbulkan perselisihan antara si kaya dan si miskin. Selain itu, dampak negative lainnya yaitu terbentuknya sikap individualism yang menimbulkan rasa tidak peduli kepada sesama bahkan kepada bangsa, berikut ini dampak globalisasi dibidang ekonomi yaitu :

  • Masuknya tenaga kerja asing
  • Hilangnya pasar produk Indonesia karena kalah dalam bersaing dengan produk luar negeri
  • Usaha-usaha di Indonesia akan mati karena banyak produk impor dipasaran Indonesia

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Globalisasi Di Bidang Ekonomi Beserta Dampak Positif Dan Negatifnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

loading...