Penjelasan Fungsi Peroksisom Dalam Biologi

Posted on

GuruPendidikan.Com – Peroksisom merupakan sebuah organel yang berada di dalam membran yang terdapat dalam sitoplasma sel eukariotik. Peroksisom memainkan peran kunci dalam oksidasi biomolekul tertentu. Mereka juga berkontribusi terhadap biosintesis lipid membran yang dikenal dengan sebagai plasmalogens.

Yang pada sel tumbuhan, peroksisom melaksanakan fungsi-fungsi tambahan, termasuk daur ulang karbon dari phosphoglycolate yang selama fotorespirasi. Untuk jenis khsus dari peroksisom telah diindentifikasi pada tanaman, diantaranya glyoxysome, yang berfungsi dalam konversi asam lemak ke karbohidrat.

Peroksisom yaitu organel yang menyerupai kantong yang berbentuk agak bulat, yang mengandung butiran kristal dan diselubungi membran tunggal. Peroksisom terbentuk dan tumbuh yang melalui penggabungan protein dan lipid di dalam sitosol, kemudian setelah mencapai ukuran tertentu akan membelah untuk memperbanyak diri.

Fungsi Peroksisom

Peroksisom mengandung enzim oksidase dan enzim katalase, Enzim oksidase ini memiliki fungsi untuk memindahkan hidrogen dari suatu substrat agar dapat beraksi dengan oksigen dan menghasilkan hidrogen peroksida (H2O2) sebagai produk sampingan. Oleh karena itu, organel tersebut dinamakan peroksisom.

Hidrogen peroksida yang terbentuk bersifat racun, tetapi akan diubah oleh enzim katalase yang juga dihasilkan oleh peroksisom menjadi air dan oksigen. Pada hewan, peroksisom banyak di temukan di dalam sel hati dan ginjal. Pada tumbuhan, peroksisom dapat dirtemukan di kloroplas dan mitokondria pada sel-sel daun.

Fungsi Peroksisom

Ada beberapa fungsi peroksisom diantaranya yaitu:

  • Penghasil enzim oksidase dan katalase.
  • Memecah asam lemak menjadi molekul kecil sebagai bahan bakar untuk respirasi sel.
  • Di dalam sel hati, peroksisom menetralisir racun alkohol dan senyawa berbahaya lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Fungsi Peroksisom Dalam Biologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: