Penjelasan Fungsi Bronkiolus Dalam Biologi

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Bronkiolus merupakan saluran udara kecil yang mengirimkan udara ke bagian dalam sebuah dinding paru-paru yang dimana alveoli memungkinkan oksigen yang akan diserap oleh sel-sel darah dan mengisi darah dengan oksigen untuk ditransfer ke seluruh tubuh.

Bronki atau bronkus merupakan tempat di mana udara memasuki paru-paru yang dikirim ke masing-masing paru-paru. Yang salah satu bagian halus, berdinding tipis, ekstensi tubular dari bronkus yang merupakan bronkiolus yang tidak lagi mengandung tulang rawan.

Pembahasan Fungsi Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus ialah untuk pengendalian aliran udara dan distribusi udara di paru-paru. Yang salah satu halus, berdinding tipis, ekstensi tubular dari bronkus yang merupakan bronkiolus yang tidak lagi mengandung tulang rawan.

Fungsi Bronkiolus

Untuk kondisi medis yang mempengaruhi bronkiolus meliputi yaitu:

  • Bronkiolitis
    Bronkiolitis pada anak sering disebabkan oleh virus seperti RSV dan influenza. Tujuan pengobatan ialah terutama untuk mengontrol gejala sampai infeksi virus berjalannya saja. Pelembab udara, hidrasi dan pemantauan hati-hati supaya tidak memburuknya gejala biasanya dianjurkan. Pada kasus yang parah dukungan dengan ventilator mungkin diperlukan sampai kondisi telah diselesaikan.
  • Asma
    Dihasilkan dari penurunan diameter saluran udara, penyebab dapat mencakup alergen pada udara serta infeksi pernapasan umum pada anak-anak. Untuk pengobatan terdiri dari obat untuk melebarkan saluran udara (bronkodilator), serta menghindari alergen yang dikenal.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Fungsi Bronkiolus Dalam Biologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to Penjelasan Fungsi Bronkiolus Dalam Biologi
Shares