Penjelasan Ciri-Ciri Dan Spesifikasi Dinoflagellata

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Dalam hal ini di dalam laut seringkali terdapat sinar-sinar seperti menyala yang berwarna biru terutama pada malam hari. Tahukan kalian berasal darimana pancaran sinar tersebut?? Sinar tersebut merupakan dihasilkan oleh organisme yang disebut Dinoflagellata.

Pada organisme ini juga yang menyebabkan pasang merah (Red Tide) saat populasinya bertambah. Lalu bagaimana untuk ciri-ciri sebenarnya dari Dinoflagellata?? Nah berikut penjelasan mengenai organisme unik yang satu ini, simak uraian dibawah ini.

Ciri-Ciri Dan Spesifikasi Dinoflagellata

Pada Dinoflagellata disebut juga dengan Pyrrophyta yang merupakan organisme uniseluler dengan ukuran selnya yakni antara 25 µm-1000 µm, yang terdapat juga spesies yang dapat tumbuh dengan rantai yang panjang atau pseudocoloni. Untuk habitat Dinoflagellata berada di dalam air laut walaupun beberapa jenis hidup di air tawar.

Dinoflagellata merupakan ganggang uniseluler yang motil, dengan ciri utama terdapat celah dan alur di sebelah luar pembungkus yang melingkupi dinding sel. Yang masing-masing alur, pada Dinoflagellata mengandung satu bulu cambuk.

Beberapa jenis Dinoflagellata tidak memiliki dinding sel, namun kebanyakan memiliki dinding sel yang terbagi-bagi menjadi lempeng-lempeng selulosa polygonal yang saling bersambungan sangat rapat. Contoh Dinoflagellata seperti Noctiluca miliaris yang dapat menghasilkan cahaya berpendaran di laut pada malam hari (bioluminesen).

Untuk karaktersitik lainnya dari Dinoflagellata yakni hanya sekitar setengah dari spesies Dinoflagellata yang mempunyai pigmen yang dapat berfotosintesis sementara yang lain merupakan organisme heterotrof. Yang kebanyakan Dinoflagellata mempunyai pigmen klorofil a, klorofil c, karoten, xantofil, peridinin , neoperidinin, dinoxanthin, neodinoxanthin dan diatoxanthin. Cadangan makanan Dinoflagellata berupa tepung dan minyak.

Dalam hal ini ada beberapa jenis cangkangnya mengandung fosfor sehingga memendarkan cahaya dimalam hari. Di dalam sitoplasma terdapat plastid yang berisi pigmen klorofil dan pigmen cokelat kekuning-kuningan. Dalam organisme ini berkembang biak secara seksual dengan membentuk 4 isogamet yang masing-masing dapat mengadakan perkawinan denga isogamete dari individu lain dan aseksual dengan pembelahan sel.

Ciri-Ciri Dan Spesifikasi Dinoflagellata

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Ciri-Ciri Dan Spesifikasi Dinoflagellata semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to Penjelasan Ciri-Ciri Dan Spesifikasi Dinoflagellata
Shares