Penjelasan Ciri-Ciri Bacillus Anthracis Dalam Biologi

Posted on

GuruPendidikan.Com – Bacillus anthracis merupakan bakterium Gram-positif yang berbentuk tangkai yang memiliki ukuran sekitar 1×6 mikromter dan merupakan penyebab penyakit antraks. B. Anthracis ialah bakterium pertama yang ditunjukkan yang dapat menyebabkan penyakit.Β Hal ini diperlihatkan oleh Robert Koch pada tahun 1877. Yang nama anthracis ini berasal dari bahasa Yunani anthrax yang berarti batu bara, merujuk kepada penghitaman kulit pada korban.

Bakteri ini umumnya terdapat di tanah dalam bentuk seperti spora dan dapat hidup selama beberapa dekade dalam bentuk ini. Jika memasuki sejenis herbivora, bakteri ini akan mulai berkembang biak dalam hewan tersebut dan akhirnya membunuhnya dan lalu terus berkembang biak di bangkai hewan tersebut. Saat gizi-gizi hewan tersebut telah habis diserap, mereka berubah bentuk kembali ke bentuk spora.

Ciri-Ciri Bacillus Anthracis

Bacillus anthracis ini memiliki gen dan ciri-ciri yang menyerupai Bacillus cereus, sejenis bakterium yang biasa ditemukan dalam tanah di seluruh dunia, dan juga menyerupai Bacillus thuringiensis, pantogen kepada larva Lepidoptera.

Ciri-Ciri Bacillus Anthracis

Bakteri Bacillus anthracis ini menyebabkan penyakit antraks, penyakit ini terutama menyerang herbivora di daerah tropis di dunia. Manusia juga dapat tertular antraks, baik oleh kecelakan paparan B. anthracis atau sebagai konsenkuensi dari kegiatan bioteroris.

Untuk faktor yang paling penting yang menentukan kapasitas yang menyebabkan penyakit B. anthracis ialah toksin antraks dan kapsul. Dengan memproduksi yang sebut virulensi faktor B. anthracis dapat menghindari sistem kekebalan tubuh dari tuan rumah, sehingga memungkinkan proliferasi bakteri di dalam tubuh.

Bacillus anthracis ialah Eubacteria dengan memiliki ukuran panjang 3 hingga 5 mikromter, dengan lebar mereka ialah 1 hingga 1,2 mikrometer. Bakteri ini mensintesis protein yang disebut D-glutamat, ini ialah satu-satunya Eubacterium yang mampu menghasilkan kapsul protein. Bacillus anthracis tumbuh baik pada lingkungan aerobik dan anaerobik di laboratorium.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Ciri-Ciri Bacillus Anthracis Dalam Biologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

loading...

Baca Juga: