Penjelasan Bentuk Virus Heliks Dan Ikosahedral

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Untuk kali ini akan membahasa mengenai bentuk virus heliks dan ikosahedral, yang mungkin sebagian dari anda masih asing atau ada sudah mengetahui tapi salahnya apabila kita untuk memahaminya lebih jauh lagi mengenai virus tersebut supaya menambah wawasan dan pengetahuan kita.

Bentuk Virus
Virus merupakan parasit klasik mereka bergantung pada sel inang untuk hampir semua fungsi-penopang kehidupan mereka tidak seperti organisme sejati. Virus tidak dapat mensintesis protein hal ini karena mereka tidak mempunyai ribosom (organel sel) untuk penerjemahan virus RNA (mRNA salinan pelengkap dari asam nukleat dari inti yang mengaitkan dengan ribosom dan mengarahkan sintesis protein, yang menjadi protein. Virus harus menggunakan ribosom sel inang mereka untuk menerjemahkan mRNA virus menjadi protein virus.

Nah berikut ini penjelasan dari virus heliks dan ikosahendral untuk lebih memahaminya simak ulasan dibawah ini.

Virus Bentuk Heliks

Kapsid heliks dibangu oleh protomet tipe tunggal yang menyangku ditengah sehingga membentuk selubung yang melilit. Yang susunan ini menghasilkan virion bentuk batang yang pendek-keras atau pajang-lemas, sedangkan materi genetika dibungkus di dalam selubung.

Yang ukuran panjang helik ini berkaitan dengan panjang asam nukleat di dalamnya, sedangkan diameternya tergantung pada panjang dan susunan protomernya. Misalnya virus seperti ini ialah virus mosaik tembakau.

Virus Bentuk Ikosahedral

Simetri kapsid ikosahedral menghasilkan virus seperti bulat akan tetapi sebenarnya dibangun oleh kapsomer yang tersusun dalam pola geometri yang rapih. Kapsomer merupakan struktur bentuk cincin yang dibangun dengan lima atau enam protomer yang diikat dengan ikatan non-kovalen untuk membungkus asam nukleat virusnya.

Bangunan ikosohedral diciptakan oleh R.Buckminster-Fuller dalam kubah geodesiknya serta merupakan struktur bungkus paling kuat yang dibangun oleh beberapa salinan protein tunggal, untuk jumlah protein diperlukan untuk membentuk virus bulat dihitung oleh bilangan-T, yang perlu 60xt protein. Yang dalam virus hepatitis B, bilangan-T-nya ada emapt, sehingga ada 240 protein yang membentuk kapsid.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Bentuk Virus Heliks Dan Ikosahedral semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.:) 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to Penjelasan Bentuk Virus Heliks Dan Ikosahedral
Shares