Penjelasan Aplikasi Bioteknologi Modern

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Bioteknologi modern merupakan bioteknologi yang didasarkan pada rekayasa DNA ( gen ), selain itu, memanfaatkan dasar mikrobiologi dan biokimia. Aplikasi Bioteknologi modern mencakup berbagai aspek kehidupan manusia, misalnya aspek pangan, pertanian, peternakan hingga kesehatan dan pengobatan.

Aplikasi Bioteknologi Modern

Aspek Pangan

Bioteknologi modern pada bidang pangan, misalnya buah tomat hasil manipulasi genetik sehingga tahan lama, tidak cepat matang dan tidak cepat membusuk, kentang yang telah mengalami mutasi genetik hingga kadar pati kentang meningkat 20% dari kentang biasa.

Pertanian

Beberapa Bioteknologi modern pada bidang pertanian, misalnya tanaman kedelai tengger dan kedelai hijau camar yang berumur pendek dengan produktivitas tinggi diperoleh dari radiasi seleksi biji-biji kedelai.

Peternakan

Bioteknologi modern pada bidang peternakan, misalnya pembelahan embrio secara fisik ( splitting ) mampu menghasilkan kembar identik pada domba, sapi, babi dan kuda. Dengan teknologi yang modern telah dikembangkan teknologi kloning yang menghasilkan klon dari sel somatik.

Kesehatan Dan Pengobatan

Beberapa Bioteknologi modern pada bidang kesehatan dan pengobatan antara lain ; hormon pertumbuhan somatotropin yang dihasilkan oleh Escherichia coli dan manipulasi produksi vaksin dengan menggunakan Escherichia coli agar efisien. Selain itu untuk menghasilkan insulin secara massal dilakukan rekayasa genetika dengan menggunakan enzim dan bakteri.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Aplikasi Bioteknologi Modern semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Most popular articles related to Penjelasan Aplikasi Bioteknologi Modern
Shares