Penjelasan Akomodasi Beserta Tujuan, Bentuk Dan Contohnya

Posted on

GuruPendidikan.Com – Definisi menurut para ahli mengatakan bahwa pengertian akomodasi merupakan suatu cara menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan sehingga lawan tidak kehilangan kepribadiannya. Akomodasi ialah bagian dari bentuk-bentuk interaksi sosial asosiatif. Interaksi sosial asosiatif yang dimana didalamnya telah ada bentuk-bentuk interaksi sosial asosiatif termasuk akomodasi dimana interaksi sosial asosiatif merupakan jenis-jensi interkasi sosial. Akomodasi mempunyai tujuan dan bentuk-bentuk seperti berikut ini.

Akomodasi

Tujuan Akomodasi

Adapun tujuan Akomodasi antara lain sebagai berikut :

  • Mengurangi pertentangan antara orang per orang atau kelompok-kelompok manusia akibat perbedaan paham.
  • Mencegah meladaknya suatu pertentangan untuk sementara waktu.
  • Memungkinkan terjadinya kerja sama antara kelompok satu dengan lainnya yang hidupnya terpisah karena budaya.
  • Melebur kelompok sosial yang terpisah.

Bentuk-Bentuk Akomodasi

Akomodasi memiliki beberapa bentuk sebagai berikut :

Coercion ( Koersi )

Suatu bentuk akomodasi yang prosesnya dilaksanakan karena adanya paksaan. Hal ini terjadi disebabkan salah satu pihak berada dalam keadaan yang lemah sekali bila dibandingkan dengan pihak lawan. Contoh : perbudakan.

Compromise ( Kompromi )

Suatu bentuk akomodasi dimana pihak-pihak yang terlibat masing-masing mengurangi tuntutannya agar dicapai suatu penyelesaian terhadap suatu konflik yang ada. Sikap untuk dapat melaksanakan compromise ialah sekap untuk bersedia merasakan dan mengerti keadaan pihak lain. Contoh : Kompromi antara sejumlah partai politik untuk berbagai kekuasaan sesuai dengan suara yang diperoleh masing-masing.

Arbitration ( Arbitrasi )

Cara mencapai compromise dengan cara meminta bantuan pihak ketiga yang dipilih oleh kedua belah pihak atau oleh badan yang berkedudukannya lebih dari pihak-pihak yang bertikai. Contoh : Konflik antara buruh dan pengusaha dengan bantuan suatu badan penyelesaian perburuan depnaker sebagai pihak ketiga.

Mediation ( Mediasi )

Cara menyelesaikan konflik dengan jalan meminta bantuan pihak ketiga yang netral. Pihak ketiga ini hanyalah mengusahakan suatu penyelesaian secara damai yang sifatnya hanya sebagai penasihat. Sehingga pihak ketiga ini tidak memiliki wewenang untuk memberikan keputusan-keputusan penyelesaian yang mengikat secara formal. Contoh : lampu merah lampu lalu lintas berwarna merah harus berhenti, jadi kendaraan harus berhenti.

Conciliation ( Konsiliasi )

Suatu usaha mempertemukan keinginan-keinginan pihak-pihak yang bertikai untuk mencapai persetujuan bersama. Contoh : pertemuan beberapa partai politik di dalam lembaga legislatif ( DPR ) untuk duduk bersama menyelesaikan perbedaan-perbedaan sehingga dicapai kesepakatan bersama.

Toleration ( Toleransi )

Sering juga dinamakan toleran-participation yaitu suatu bentuk akomodasi tanpa adanya persetujuan formal. Contoh : beberapa orang atau kelompok menyadari akan pihak lain dalam rangka menghindari pertikaian.

Statlemate

Suatu bentuk akomodasi dimana pihak-pihak yang bertikai atau berkonflik karena kekuatannya seimbang kemudian berhenti pada suatu titik tertentu untuk tidak melakukan pertentangan. Dalam istilah lain dikenal dengan “ Moratorium ” yaitu kedua belah pihak berhenti untuk tidak saling melakukan pertikaian. Namun, moratorium dapat dilakukan antara dua belah pihak yang kurang seimbang kekuatannya. Contoh : perang dingin tempo dulu antara USA Vs Uni Sovyet.

Adjudication ( Ajudikasi )

Suatu bentuk penyelesaian konflik melalui pengadilan. Kedelapan bentuk akomodasi diatas dapat dipilih untuk dilakukan dalam menyelesaikan konflik di masyarakat yang sangat beragam. Hal ini diperlukan agar proses konflik khususnya yang terjadi pada masyarakat dengan tingkat kemajemukan tinggi seperti Indonesia, tidak bisa mengarah pada situasi disintegrasi bangsa. Contoh : menyelesaikan suatu perkara di pengadilan.

Segregation ( Segregasi )

Upaya penyelesaian sengketa dengan cara masing-masing pihak saling menghindari konflik agar tidak berkelanjutan. Contoh : pemisahan antara warga kulit putih, kulit hitam di afrika selatan pada masa politik apartheid.

Elimination ( Eliminasi )

Upaya penyelesaian sengketa karena salah satu pihak bersedia mengalah, meminta maaf atau mengundurkan diri dari persaiangn. Contoh : setelah diadakan mediasi dirumah pak Rt Pak Joko tidak melanjutkan perseteruannya dengan keluarga pak edi karena menyadari konflik ini dimulai akibat dari kesalahan istrinya sendiri.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Akomodasi Beserta Tujuan, Bentuk Dan Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂