Pengertian, Tujuan, Peran, Dan Tugas Bank Sentral Beserta Fungsinya Secara Lengkap

Posted on

Pengertian, Tujuan, Peran, Fungsi, Dan Tugas Bank Sentral Beserta Fungsinya Secara Lengkap – Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Bank sentral ???   Jika belum mengetahuinya anda tepat sekali mengunjungi gurupendidikan.com . Karena disini akan mengulas lengkap tentang pengertian, tujuan, peran, dan tugas bank sentral beserta fungsinya secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

bank-sentral

Pengertian Bank Sentral

Bank Sentral ialah sebuah badan keuangan, yang pada umumnya dipunyai pemerintah, serta menjamin supaya kegiatan badan-badan keuangan tersebut bisa menciptakan tingkat kegiatan ekonomi yang tinggi dan stabil.

Bank sentral di Indonesia yaitu Bank Indonesia (BI). Menurut UU RI NO.3 Tahun 2004 Tentang perubahan atas UU. No.3 Tahun 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia, Bank indonesia ialah suatu lembaga negara yang mandiri dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari pengaruh pemerintah dan atau pihak lain, kecuali untuk hal-hal yang tegas diatur dalam undang-undang.

Bank Indonesia sebagai bank sentral yang bertujuan untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Untuk menggapai tujuan tersebut, Bank Indonesia melakukan suatu kebijakan moneter secara terus-menerus, konsisten, transparan, dan mesti mempertimbangkan kebijakan umum pemerintah di bidang perekonomian.

Tujuan Bank Sentral

Tujuan tunggal yang dpunyai oleh bank sentral (BI) yaitu bertujuan untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah yang tercermin dari laju inflasi dan perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Instrumen yang dipakai untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah tersebut dapat disebut dengan tugas dari Bank Indonesia sebagai bank sentral

Peran Bank Sentral

Peran yang dipunyai oleh bank sentral (BI) yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah yang tercermin dari laju inflasi dan perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Instrumen yang dipakai untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah tersebut dapat disebut dengan tugas dari Bank Indonesia sebagai bank sentral

loading...

Fungsi Bank Sentral

Fungsi bank sentral diatur dalam undang undang No. 23 tahun 1999 yakni tentang Bank Indonesia.
Disebutkan bahwa tujuan Bank Indonesia melalui suatu kebijakan-kebijakan yaitu untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah yang menitikberatkan pada tingkat inflasi dan nilai tukar rupiah. Bank Indonesia biasa dikenal dengan banknya bank (banker’s of bank).

Tugas Pokok Bank Sentral

Tugas Bank Sentral dalam suatu negara yakni sebagai berikut.

  • Untuk mengatur, menjaga, dan memelihara kestabilan nilai rupiah.
  • Untuk mendorong kelancaran produksi, pembangunan, dan kesempatan kerja guna meningkatkan taraf hidup rakyat.
  • Untuk mencetak uang baru.
  • Untuk menarik kembali uang dari peredaran.
  • Untuk mengawasi bank-bank yang lain, baik bank pemerintah maupun bank swasta.
  • Untuk menciptakan daya beli baru dengan cara menciptakan uang giral.

Kewenangan Bank Sentral

Kewenangan Bank Indonesia di bidang moneter, antara lain yaitu sebagai berikut :

  • Untuk menetapkan sasaran-sasaran moneter dengan memperhatikan laju inflasi.
  • Untuk melakukan pengendalian moneter, yakni : operasi pasar terbuka, penetapan tingkat diskonto, penetapan cadangan wajib minimum, dan pengaturan kredit atau pembiayaan.

Itulah ulasan Pengertian, Tujuan, Peran, Fungsi, Dan Tugas Bank Sentral Beserta Fungsinya Secara Lengkap tentang Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :