Pengertian, Tujuan Dan Unsur-Unsur Resensi Beserta 4 Manfaatnya Secara Lengkap

Posted on

Pengertian, Tujuan Dan Unsur Resensi Beserta Manfaatnya Secara Lengkap – Resensi ?? Apa sih resensi itu ?? mendengar kata resensi terdengar asing bagi yang belum mengetahui apa itu resensi, tapi tidak perlu panik disini akan mengulas tentang Resensi secara lengkap agar anda semua mengetahui apa itu resensi, untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

risensi

Pengertian Resensi

Kata Resensi berasal dari bahasa Latin yakni revidere atau recensie yang artinya yaitu menimbang, melihat kembali atau menilai. Dalam KBBI bahwa resensi itu ialah sebuah ulasan dari suatu buku. Jadi resensi yakni ulasan singkat tentang isi sebuah buku, majalah, novel, drama atau film yang biasanya ditayangkan melalui dari media-media sosial. Ataupun suatu tindakan meresensi yaitu memberikan sebuah penilaian, membahas, mengkritik atau mengungkapkan kembali isi didalam buku yang ditulis oleh sih pengarang.

 

Tujuan Resensi

Meresensi suatu buku mempunyai tujuan nya yaitu sebagai berikut :

  • Agar bisa memberikan sebuah pemahaman & informasi secara komprehensif kepada suatu masyarakat atau sih pembaca tentang isi buku yang diresensi nya.
  • Mengajak sih pembaca agar mendiskusikan dan memikirkan lebih jauh tentang apa masalah yang diangkat yang ada di dalam buku tersebut.
  • Agar memberikan suatu pertimbangan kepada sih pembaca tentang pantas atau tidaknya buku itu untuk dibaca atau diterbitkan.
  • Agar memberikan suatu jawaban mengenai sebuah pertanyaan-pertanyaan dari pembaca ketika buku baru diterbitkan.

Baca juga refensi artikel terkaitnya :

 

Unsur-Unsur Risensi

Dalam membuat sebuah resensi, terdapat beberapa unsur yang harus diperhatikan agar resensi yang dibuat menjadi jelas dan berkualitas. yaitu sebagai berikut :

1. Judul Resensi
Judul harus memiliki suatu keselarasan dengan isi resensi yang akan dibuat. Judul harus semarik mungkin agar bisa memberi nilai lebih pada sebuah resensi.

2. Menyusun Data Buku
Dalam penyususnan data buku dalam meresensi bisa dilakukan dengan sebagai berikut.

  • Judul buku;
  • Pengarang;
  • Penerbit;
  • Tahun terbit beserta cetakannya;
  • Dimensi buku;
  • Harga buku;

3. Isi resensi buku
Isi resensi buku yaitu berisi tentang sinopsi, ulasan singkat dari buku yang diresensi dengan sebuah kutipan secukupnya, keunggulan, kelemahan buku, rumusan kerangka buku serta dalam penggunaan bahasa.

4. Penutup dari resensi buku
Pada unsur yang terakhir ini biasanya berisi tentang suatu alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.

 

Manfaat Resensi

1. Bahan pertimbangan

Untuk Memberikan sebuah gambaran kepada para sih pembaca tentang sebuah karya dan untuk mempengaruhi mereka atas karya tersebut.

2. Nilai ekonomis

Untuk mendapatkan uang atau imbalan dari buku-buku yang diresensikan secara gratis dari sih penerbit buku jika resensinya dimuat dikoran atau di majalah.

3. Sarana promosi buku

Buku yang diresensikan yaitu buku baru yang belum pernah diresensi. oleh sebab itu, resensi merupakan suatu media untuk mempromosikan buku baru tersebut.

4. Pengembangan Kreativitas

Untuk mengembangkan sebuah kreativitas dalam menulis

Dalam membuat sebuah resensi buku harus mempunyai sebuah unsur-unsur agar resensi tersebut jelas dan berkualitas.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Tujuan Dan Unsur-Unsur Resensi Beserta 4 Manfaatnya Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas ditas bermnafaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.