Pengertian, Tujuan, Dan Macam-Macam Akuntansi Beserta 5 Fungsinya Terlengkap

bitar

Pengertian, Tujuan, Dan Macam-Macam Akuntansi Beserta 5 Fungsinya Terlengkap – Didalam sebuah perusahaan ilmu akuntansi sangat penting sekali, karna sebagai informasi keuangan suatu perusahaan atau organisasi. Untuk lebih jelas lagi tentang akuntansi marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

akuntansi

Pengertian Akuntansi

Akuntansi ialah sebuah proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta dalam kejadian yang berhubungan dengan keuangan yang sehingga bisa digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti dalam pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Kata Akuntansi berasal dari kata asing yaitu accounting yang artinya jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia yaitu menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi ini digunakan di hampir semua kegiatan bisnis di seluruh dunia dalam mengambil keputusan sehingga bisa disebut sebagai bahasa bisnis.

Tujuan Akuntansi

  • Untuk menyiapkan sebuah laporan keuangan yang akurat agar bisa dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, misalnya seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik.
  • Bisa sebagai Pencatatan harian yang terlibat dalam suatu proses ini dikenal dengan sebutan pembukuan. Akuntansi keuangan yaitu suatu cabang dari akuntansi yang dimana informasi keuangan pada sebuah bisnis dicatat, diklasifikasi, diringkas, diinterpretasikan, dan dikomunikasikan.
  • Auditing, yaitu satu disiplin ilmu yang terkait tapi tetap terpisah dari akuntansi, ialah suatu proses yang dimana pemeriksa independen memeriksa sebuah laporan keuangan suatu organisasi untuk memberikan suatu pendapat atau opini – yang masuk akal tapi tak dijamin dengan sepenuhnya – mengenai kewajaran dan kesesuaiannya dengan suatu prinsip akuntansi yang berterima umum.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya :

 

Macam-Macam Akuntansi

1. Akuntansi Keuangan (Financial atau General Accounting)

yaitu dalam menyangkut suatu pencatatan transaksi-transaksi suatu perusahaan dan penyusunan sebuah laporan berkala yang dimana laporan tersebut bisa memberikan informasi yang berguna bagi manajemen, para pemilik dan kreditor.

2. Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)

auditing yaitu suatu bidang yang menyangkut suatu pemeriksaan laporan-laporan keuangan yang melalui catatan akuntansi secara bebas yakni suatu laporan keuangan tersebut diperiksa mengenai kejujuran dan kebenarannya.

3. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi manajamen yaitu suatu bidang akuntansi yang menggunakan baik data historis ataupun data data taksiran dalam membantu manajemen untuk merencanakan suatu operasi-operasi dimasa yang akan datang.

4. Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)

Akuntansi perpajakan yaitu mencakup penyusunan sebuah laporan-laporan pajak dan pertimbangan tentang sebuah konsekuensi-konsekuensi dari transaksi-transaksi perusahaan yang akan terjadi.

5. Akuntansi Budgeter (Budgetary Accounting)

Akuntansi Budgeter adalah suatu bidang akuntansi yang merencanakan suatu operasi-operasi keuangan (anggaran) untuk suatu periode dan memberikan suatu perbandingan antara operasi-operasi yang sebenarnya dengan operasi yang direncanakan.

6. Akuntansi untuk Organisasi Nirlaba (Non profit Accounting)

yaitu suatu bidang yang mengkhususkan diri dalam suatu pencatatan transaksi-transaksi perusahaan yang tidak mencari laba misalnya seperti organisasi keagamaan dan yayasan-yayasan sosial.

7. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi biaya ialah suatu bidanng yang menekankan penentuan dan pemakaian biaya serta pengendalian biaya tersebut yang pada umumnya terdapat dalam suatu perusahaan industri.

8. Sistem Akuntansi (Accounting System)

Sistem akuntansi yaitu meliputi semua tehnik, metode dan prosedur untuk mencatat dan mengolah data akuntansi dalam rangka mendapatkan pengendalian intern yang baik, yang dimana pengendalian intern adalah  suatu sistem pengendalian yang didapatkan dengan adanya struktur organisasi yang memungkinkan adanya suatu pembagian tugas dan sumber daya manusia yang cakap dan praktek-praktek yangn sehat.

9. Akuntansi Sosial (Social Accounting)

Akuntansi sosial yaitu suatu bidang yang terbaru dalam akuntansi dan yang paling sulit untuk diterangkan secara singkat, kerena menyangkut dana-dana kesejahteraan masyarakat.

Fungsi Akuntansi

  • Untuk mengetahui besarnya modal yang dipunyai suatu perusahaan
  • Untuk mengetahui perkembangan nya maju mundurnya suatu perusahan
  • Untuk sebagai dasar dalam perhitunngan pajak
    untuk menjelaskan keadaan perusahaan sewaktu-waktu memrlukan kredit dari bank atau pihak lain
  • Sebagai Dasar untuk menentukan suatu kebijakan yang akan ditempuh
  • Untuk menarik minat investor saham jika sebuah perusahaan berbentuk perseroan terbatas

Itulah ulasan tentang Pengertian, Tujuan, Dan Macam-Macam Akuntansi Beserta 5 Fungsinya Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Most popular articles related to Pengertian, Tujuan, Dan Macam-Macam Akuntansi Beserta 5 Fungsinya Terlengkap
Shares