Pengertian, Tujuan Dan Jenis Adaptasi Beserta Contohnya Lengkap

bitar

Pengertian, Tujuan Dan Jenis Adaptasi Beserta Contohnya Lengkap – Semua makhluk hidup harus bisa beradaptasi pada lingkungan nya untuk bisa bertahan hidup, karna tidak jarang makhluk hidup punah akibat tidak bisa beradaptasi pada lingkungannya. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu adaptasi marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

adaptasi

Pengertian Adaptasi

Adaptasi merupakan suatu kemampuan dari makhluk hidup untuk bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, dengan suatu tujuan untuk bertahan hidup. Selain itu adaptasi juga adalah suatu cara yang dilakukan organisme (makhluk hidup) agar bisa mengatasi tekanan dari lingkungannya dengan suatu tujuan agar mempertahankan hidup.

Tujuan Adaptasi

Selain itu adaptasi juga mempunyai tujuan, yaitu sebagai berikut :

  • Untuk melindungi diri dari musuh maupun pemangsa yang lainnya.
  • Untuk bisa mendapatkan makanan.
  • Untuk bisa bertahan hidup.

Jenis-Jenis Adaptasi

1. Adaptasi morfologi

Adaptasi morfologi ialah suatu cara untuk menyesuaikan bentuk tubuh dan juga alat-alat yang terdapat pada sebuah tubuh organisme terhadap suatu lingkungannya. Dan adaptasi yang satu ini bisa dengan mudah untuk kita amati, dikarenakan suatu perubahannya terjadi pada bagian luar dari organisme saja.

Contohnya :

Paruh Burung
Bentuk pada paruh burung bermacam-macam tergantung pada cara hidup dan jenis makanannya. Misalnya pada burung elang memiliki paruh yang besar, kuat, dan ujung yang runcing untuk merobek daging yang dimangsa nya.

2. Adaptasi fisiologi

Adaptasi fisilogi adalah dengan memakai cara menyesuaikan sebuah fungsi kerja kepada bagian organ-organ tubuh organisme terhadap lingkungannya. Dan untuk bisa mengamati sebuah adaptasi ini tidaklah mudah dikarenakan menyangkut dengan suatu fungsi-fungsi organ yang ada pada tubuh yang biasanya terletak di dalam sebuah tubuh organisme.

Contohnya :

Burung hantu mempunyai penglihatan yang sangat tajam yang memungkinkannya untuk bisa melihat di malam hari

3. Adaptasi tingkah laku

Adaptasi tingkah laku adalah yang dilakukan oleh suatu organisme yang berupa suatu penyesuaian tingkah laku dengan keadaan suatu lingkungannya.

Contohnya :

Bunglon melakukan mimikri, yakni untuk mengubah warna kulit sesuai dengan lingkungan tempat dia berada. Hal ini dimaksudkan agar melindungi dirinya dari bahaya yang mengancam.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Tujuan Dan Jenis Adaptasi Beserta Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga artikel terkait lainnya disini :

Most popular articles related to Pengertian, Tujuan Dan Jenis Adaptasi Beserta Contohnya Lengkap
Shares