Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Akuntansi Keuangan Terlengkap

bitar

Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Akuntansi Keuangan Terlengkap – Ilmu akuntansi mempunyai peranan sangat penting didalam mengambil suatu keputusan, tidak terkecuali pada akuntansi keuangan yang mempunyai peran sendiri dalam mengambil keputusan. Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang akuntansi keuangan secara lengkap,. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

akuntansi keuangan

Pengertian Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan ialah suatu bagian dari akuntansi yang berhubungan dengan suatu penyiapan laporan keuangan bagi pihak luar misalnya pada pemegang saham, pemasok, kreditor dan lain sebagainya.

Akuntansi keuangan yaitu sebuah sistem yang mengatur berbagai macam pencatatan sebuah transaksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan hingga menyusun sebuah laporan keuangan yang mengenai transaksi yang terjadi.

Akuntansi keuangan adalah bagian akuntansi yang menghasilkan suatu informasi dalam bentuk laporan keuangan yang dimana laporan ini ditujukan bagi pihak-pihak luar seperti pemegang saham, pajak dan lain sebagainya.

Akuntansi keuangan ialah salah satu bidang akuntansi yang berkaitan dengan sebuah transaksi-transaksi keuangan khususnya yang berhubungan dengan suatu perubahan aset, ekuilitas ataupun kewajiban perusahaan.

Dari beberapa penjelasan diatas maka bisa disimpulkan, bahwa akuntansi keuangan merupakan suatu kegiatan yang meliputi proses pencatatan hingga penganalisaan data-data keuangan perusahaan dan produk yang dihasilkan dari suatu kegiatan tersebut yang berupa laporan keuangan. Laporan keuangan ini terdiri dari pelaporan keuangan yang digunakan untuk suatu kepentingan pihak internal perusahaan ataupun untuk kepentingan pihak eksternal perusahaan.

Fungsi Akuntansi Keuangan

  • Agar mengetahui dan menghitung laba ataupun rugi yang sudah didapat oleh perusahaan.
  • Agar dapat memberikan informasi yang bisa berguna bagi manajemen perusahaan.
  • Agar bisa membantu untuk menetapkan hak bagi masing-masing pihak yang mempunyai suatu kepentingan dalam suatu perusahaan, baik itu pihak internal maupun eksternal.
  • Untuk mengawasi dan mengendalikan berbagai macam suatu kegiatan yang terjadi pada perusahaan.
  • untuk membantu suatu perusahaan dalam mencapai targetnya yang sebelumnya sudah ditentukan.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya :

Tujuan Akuntansi Keuangan

  • Untuk memberikan sebuah informasi yg bisa dipercaya mengenai sebuah perubahan sumber ekonomi netto suatu perusahaan yg muncul dari suatu aktivitas dalam rangka mendapatkan laba.
  • Bertujuan untuk memberikan sebuah informasi yg terpercaya mengenai Aktiva, Kewajiban dan yang terakhir Modal.
  • Bertujuan ntuk membantu para pemakai dalam memperkirakan suatu potensi perusahaan untuk menghasilkan sebuah laba.
  • Bertujuan untuk Memberikan informasi penting lainnya yang mengenai suatu perubahan sumber-sumber ekonomi & kewajiban yang seperti informasi mengenai aktivitas belanja.
  • Bertujuan untuk mengungkapkan suatu informasi lain yg berkaitan dengan suatu laporan keuangan yg relevan untuk sebuah kebutuhan pemakai laporan keuangan.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Akuntansi Keuangan Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Most popular articles related to Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Akuntansi Keuangan Terlengkap
Shares